Keefektifan Bimbingan Kelompok Media Ular Tangga untuk Mereduksi Kejenuhan Siswa MI di Kecamatan Sumberrejo Bojonegoro

Authors

  • Abd. Hafid Abd. Hafid STAI Attanwir Bojonegoro
  • risa adelia risa adelia STAI Attanwir Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i2.103

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Media Ualr Tangga, Kejenuhan Belajar

Abstract

Artikel ini penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan bimbingan kelompok media ular tangga untuk meredukasi kejenuhan siswa SD/MI di wilayah Kecatan Sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Subjek penelitian ini berjumlah 30 siswa SD/MI yang memiliki tingkat kejenuhan belajar yang tinggi. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain pretest and postest controle group design. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan Uji Independent Sample test. Berdasarkan hasil analisis statistik diperoleh hasil nilai signifikasi pada uji t test sebesar 0,00 < 0,05 artinya terdapat pengaruh antara pretest dan posstest pada kelompok eksperimen. Sedangkan pada kelompok kontrol nilai mean yang awalnya 66,40 naik menjadi 70,80. Maka bisa dikatakan bahwa dengan penerapan bimbingan kelompok media ular tangga efektif untuk menurunkan kejenuhan belajar siswa

References

Rizqon H.S.A. Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 2020. 7 (5) : 397-398

Sugihartono, dkk . Psikologi pendidikan. (Yogyakarta: UNY Pres,2012). h 45

Muhibbin Syah. Psikologi Belajar. (Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2003) h

Laras, K. N. (2020). Kejenuhan Belajar Masa Pandemi Covid-19 Siswa SMTA di Kedungwungu Indramayu.

Setya , W. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta : Widia Sarana Indonesia

Prof. Dr. Prayitno, M.SC.ED, Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil), (Ghalia Indonesia: Jakarta,1995), h 61.

Ahmad, Juntika, Nurihsan, Strategi Layanan Bimbingan & Konseling, (Bandung: PT. Refika Aditama 2005), h 17.

A, Hallen. Bimbingan dan Konseling. Edisi Revisi, (Jakarta: Quantum Teaching, 2005), h73

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Alfabeta, Bandung, 2011, h 112

Saifuddin Azwar, Penyusunan Skala Psikologi, Ed. 2 (Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2012), 143.

S. Hartinah. Konsep dasar bimbingan kelompok. Bandung: PT Refika Adhitama, 2009,h 4

Iva, R. Koleksi Games Edukatif di Dalam dan di Luar Sekolah. (Yogyakarta: Flash Books. 2012) h 95

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, ( Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset , 2016) h 162

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles