Penggunaan Media Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung Rumus Bangun Ruang Balok di MI Islamiyah Sendang Agung Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i2.104Keywords:
media flash card, kemampuan menghitung, balokAbstract
Artikel ini membahas tentang penggunaan media flash card untuk meningkatkan kemampuan menghitung rumus bangun ruang balok kelas V MI Islamiyah Sendang agung dengan rumusan masalah pokok dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media flash card ini dapat meningkatkan kemampuan menghitung rumus bangun ruang balok?Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media flash card dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menghitung rumus bangun ruang balok bagi siswa kelas V MI Islamiyah Sendang agung.Penelitian ini menggunakan jenis metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin dengan melakukan dua siklus tindakan, yang pada setiap siklus terdiri dari empat tahap diantaranya perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis yang dilakukan setiap akhir siklus.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan siswa dalam menghitung rumus balok (panjang, lebar tinggi) yang dibuktikan dengan tahap pretest pada kemampuan awal siswa yang dapat mengerjakan soal dan lulus hanya 25%, dan pada siklus I meningkat menjadi 56,25% dan pada siklus II juga mengalami peningkatan menjadi 81,25%. Dan dapat dikategorikan media flash card cocok diterapkan dalam Meningkatan kemampuan siswa dalam menghitung rumus balok (panjang, lebar tinggi)
References
Albi Anggito dan Johan Setiawan, 2018.Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak
Azhar Arsyad, 2011. Media Pembelajaran.Jakarta: Rajawali Press
Hasbullah, 2006.Dasar-dasar Ilmu Pendidikan.Jakarta: PT Raja Grafindo
Herman Hudoyo, 2003. Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran Matematika. Malang: Universitas Negri Malang
H.M Abdul Hamid, 2010.Mengukur Kemampuan Bahasa Arab.Malang: UIN Maliki Press
Indah Purnama Sari skripsi Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Berhitung Peserta Didik Kelas 1 SD Negeri 2 Rawa Laut. Diakses pada 28/02/2020 pukul 18.04 wib
Mansur Muslich, 2009. Melaksanakan PTK Itu Mudah.Jakarta: Bumi Aksara
Suharsimi Arikunto, 1998.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan dan Praktek.Jakarta: PT Rineka Cipta
Sukardi, 2014.Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi Dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara
Susilana dan Cepiriyana, 2011.Media Pembelajaran.Jakarta: Rajawali Press, 2011
Wawancara dengan guru kelas V MI Islamiyah Sendang agung 21 Februari 2020 pukul 10.00 wib
Zainal Aqib, 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widia
Zainal Aqib dkk, 2009.Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, TK. Bandung: CV YramaWidya
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Moch. Bakhtiar
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.