Identitas Pendidikan Surat al-Qiyamah
DOI:
https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v10i1.14Keywords:
Identitas Pendidikan, Surat Al-QiyamahAbstract
Surat Al-Qiyamah terdiri dari 40 ayat yang berarti Hari Kiamat. Allah menceritakan bagaimana kiamat itu akan terjadi dengan adanya manusia penuh ketakutan, bulan hilang cahayanya, matahari dan bulan berkumpul. Hari dimana manusia akan mempertanggungjawabkan semua yang telah dikerjakan. Diceritakan juga bahwa Allah jadikan Nabi Muhammad hafal Al-Qur’an, Allah menjamin akan menjelaskan makna ayat-ayat tersebut entah itu tersurat atau tersirat. Dan tentunya Nabi Muhammad adalah orang yang paling tahu dan paling paham akan Al-Qur`anul karim. Dalam surat Al-Qiyamah ayat 18 terdapat adab menimba ilmu, yaitu seorang pelajar hendaknya tidak segera bertanya kepada guru sebelum guru selesai menerangkan. Ini menunjukkan bahwa ilmu bias dipelajari oleh siswa tetapi keberkahan ilmu hanya bisa diperoleh ketika siswa menjaga adabnya kepada gurunya dan nilai inilah yang mulai luntur di era disrupsi ini.
References
Abdul Aziz, Nashif Musthafa. 1401H. Al-Al`ab al-Lughawiyyah fi Ta`limi Al-Lughah Al-Ajnabiyyah. Taqdim wa murajaah.
Abdul Ghoniy Al Qodhi, Abdul Fattaah. 2012. Asbab an-Nuzul an as-Shohabah wa al- Mufassirin. Iskandaria: Dar as-Salam
Abdul Majid Al-Arabi, Shalah. 1981. Ta`allumu al-lughah Al-Hayyat wa Ta`limuha.
Beirut: Maktabah Lubnan.
Ahmad Al-Yamani, Lumya binti Naji Ahmad Al-Yamaniy. 2014. At-Ta`allum bil marach. Ad-Dimam: Maktabah al-Malik Fahd Al-Wathaniyyah.
Al-Fauzan, Abdur Rahman bin Ibrahim,dkk. 2002. Al-Arabiyyah baina Yadaika. Jilid 2.
Al-Mamlakah Al Arabiyyah as-Suudiyyah.
Asrori, Imam. 2006.1000 Permainan Penyegar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: CV. Bintang Sejahtera.
Baroroh, Umi. 2010. Ta`lim al-Lughah Al-Arabiyyah lil mubtadiin. Maqalah muqaddamah fi al mu`tamar ad-duali bi Jamiah Al-Azhar Indonesia.
Depag. 2000. Petunjuk teknis proses belajar mengajar di RA Bidang pengembangan jasmani dan kesehatan. Jakarta: depag RI.
Departemen Agama RI. 2010. Al-Qur’an dan Tafsirnya (Edisi yang disempurnakan). Jilid X. Jakarta: Penerbit Lentera Abadi
Dzul Hannan. 2012. Anashir Al-Lughah Al-Arabiyyah wa asalibu Tadrisiha. Makalah.
Lampung: Universitas Raden Intan.
Ibnu Katsir, Ismail Ibnu Umar. 2014. Terjemah Tafsir Ibnu Katsir
Ibrohim, Abdul Alim. 2002. Al-Muwajjah Al-Fanniy limudarrisi Al-Lughah Al-
Arabiyyah. Al-Qahirah: Darul Maarif.
Jamalus, 1988. Pengajaran musik melalui pengalaman musik. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi.
Kartono. 1995. Psikologi Anak (psikologi Perkembangan). Bnadung: CV Mandar Maju. Mahliatussikah, Hanik. 2003. Bahasa Arab untuk anak, Diktat perkuliahan. Malang:
Universitas Negeri Malang
Margadinata, Wildana. 2007. Al-Wasail At-Ta`limiyyah fi ta`limi al-Lughah Al- Arabiyyah (Al-Al`ab Al-Lughawiyyah). Diklat pengajaran bahasa Arab di UIN Malang.
Moeslichatoen. 1996. Metode pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Muhaiban.2015. Al-Anashid fi ta`lim al-Lughah Al-Arabiyyah li al-Athfal nachwa al- Arabiyyah Al-Musalliyah. Makalah disampaikan salam seminar internasional Bahasa Arab di UIN Malang pada tanggal 27-29 Agustus 2015.
Muhammad Ali, Nur jannah wa shufi Man al-Ummah. 2011. Tadris al-Qish-shah wa ahammiyatuha limumarasati al-Lughah Al-Arabiyyah. Makalah disampaikan pada seminar internasional bahasa Arab di UIN Malang.
Jakarta: PT Grafido Persada.
Syaikh Muqbil bin Hadi al-Wadi`i. 2007. Shahih Asbabun Nuzul. Jakarta Timur: Pustaka As- Sunnah
Sheppard, Philip. 2007. Music makes your Child Smarter: Peran Musik Dalam Perkembangan Anak. Jakarta: PT Gramedia pustaka utama.
Sudono, Anggani.2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo.
Syawahin, Khoir. 2008. Al-ab Tarbawiyah. Jordan: Jidar lil kitab al-alamiy wa alamul kutub al hadits.
Tedjasaputra. 2001. Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT Grasindo. Theo Riyanto & Martin Handoko. 2005. Pendidikan Pada Usia Dini. Jakarta: PT
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Nur Laila Rahmawati
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.