Peran dan Inovasi Orang Tua Murid Sekolah Dasar dalam Layanan Belajar Daring pada Masa Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v13i1.153Keywords:
peran dan inovasi orang tua, layanan belajar daringAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan inovasi orang tua murid sekolah dasar dalam hal ini orang tua murid MI Sururiyah dalam layanan belajar daring pada masa pandemi. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di kediaman atau tempat tinggal orang tua murid MI Sururiyah Siwalan. Peran peneliti pada penelitian ini ialah sebagai pengamat penuh dengan menggunakan instrumen wawancara semi terstruktur dan observasi. Sumber data primer adalah orang tua murid kelas I (Satu) MI Sururiyah dengan teknik sampling menggunakan sampling sistematis diperoleh 4 (Empat) orang tua wali murid yang selanjutnya diberi inisial NA, NF, AS dan VS. Sedangkan sumber data sekunder adalah guru wali kelas I, buku referensi dan juga jurnal yang berkaitan dengan inovasi dan peran orangtua. Tahap analisis dilakukan dengan model analisa Miles & Huberman, yaitu melalui tahap reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan, sedangkan keabsahan data dicek dengan menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil wawancara orang tua siswa kelas I sekolah dasar dalam hal ini di MI Sururiyah diketahui bahwa orang tua memiliki peran orang tua sebagai guru, fasilitator, motivator dan pembimbing. Ada beberapa inovasi atau cara yang dilakukan oleh orang tua dalam mendampingi proses belajar anak, yakni dengan cara mengajak ice breaking, senam otak sebagai hiburan ketika anak mulai bosan belajar. Proses pembelajaran daring dilakukan dengan diselingi kegiatan bermain bersama, bernyanyi, menggambar dan lain-lain. Orang tua juga mencari media video pembelajaran dari internet atau youtube, video pembelajaran yang berupa animasi dan berisi penjelasan yang mudah dimengerti oleh anak.
References
Anurraga, H. H. 2019. “Peran Orang tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik usia 6-12 Tahun (Studi pada Program Home Visit di Homeschooling Sekolah Dolan Malang).” Jurnal Visi Ilmu Pendidikan 7. No. 3: 4
Asiah, N. 2014. Inovasi Pembelajaran. Bandar Lampung: AURA
Cahyati, Nika. 2020. Peran Orang Tua dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age. Universitas Islam Hamzanwadi, 04 (1)
Desmita. 2009. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
IF, Zahro, A. Rizky, Sugito. 2021. Deskripsi Kemandirian Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid. Attanwir: Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 12(1). http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/ index.php/attanwir/article/view/50/ 62
Indah Fajrotuz Zahro, & M. Abid Amrullah. (2021). Memelihara Kestabilan Emosional dengan Terapi Emotional Freedom Technique (EFT) di Masa Pandemi Covid–19. TA’AWUN, 1(02), 149-161. https://doi.org/10.37850/taawun.v1i02.196
Kemendikbud. 2020. Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/kemendikbud-terbitkan-pedoman-penyelenggaraan-belajar-dari-rumah (diakses tanggal 3 Maret 2021)
Ni’mah. 2016. Peran Orang Tua dalam Membimbing Anak untuk Melaksanakan Sholat Lima Waktu di Lingkungan Pasar Kahayan Palangka Raya (Studi terhadap Lima Kepala Keluarga yang Berprofesi Sebagai Pedagang). Palangka Raya: Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Palangka Raya.
Prayitno. 1999. Panduan Kegiatan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta
Prayitno. 1997. Pelayanan Bimbingan dan Konseling SD. Jakarta: Rineka Cipta
Shodiq, I. J dan Salamah, H. 2020. Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whatsapp Sebagai Solusi ditengah Penyebaran Covid-19 Di MI Nurul Huda Jelu. Jurnal Studi Keislaman, Vol. 6 No.2
Slameto dalam IF, Zahro, R, Adelia. 2021. Kesiapan Belajar Siswa Mengikuti Snmptn dalam Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid. Al-Ihath: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(1). http://e-jurnal.staiattanwir.ac.id/ index.php/jbki/article/view/117
Sucipto dan Raflis, 2000. Profesi Keorangtuaan. Jakarta: Rineka Cipta
Syafei, S. M. 2006. Bagaimana Anda Mendidik Anak, Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Valeza, A. R. 2017, Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi KecamatanTanjung Senang Bandar Lampung, (Skripsi S1 Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, h.17
Wawancara Yartik S.Pd.I, Guru Wali Kelas I , Bojonegoro, 13 Juli 2021
Wawancara NF, Orang Tua Murid, Bojonegoro, Bojonegoro, 17 Juli 2021
Wawancara NA, Orang Tua Murid, Bojonegoro, Bojonegoro, 18 Juli 2021
Wawancara VS, Orang Tua Murid, Bojonegoro, Bojonegoro, 20 Juli 2021
Wawancara AS, Orang Tua Murid, Bojonegoro, Bojonegoro, 22 Juli 2021
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Indah Fajrotuz Zahro, Lufvia Nur Malikah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.