Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengoptimanlkan Perencanaan Karir Siswa MAN Baureno
DOI:
https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v10i1.17Keywords:
Peran Guru BK, Perencanaan Karir, Career GuidelineAbstract
Salah satu tugas perkembangan remaja usia sekolah menengah atas adalah memiliki kesiapan untuk menghadapi dunia kerja ataupun karir. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perencanaan karir siswa melalui bimbingan karir dengan penggunaan media modul pada siswa kelas XII IPA 2 MAN Baureno tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek yang diambil dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 12 siswa yang memiliki tingkat perencanaan karir rendah. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Analisis data yang digunakan menggunakan rumus t-test untuk melihat perbedaan rerata pretest dan rerata posttest. Hasil penelitian menunjukan perencanaan karir siswa kelas XII IPA 2 dapat ditingkatkan melalui bimbingan karir dengan penggunaan media modul yang dilihat dari adanya perbedaan yang signifikan dari rerata sebelum dilakukan bimbingan karir sebesar 105,25 dan setelah dilakukan bimbingan karir rerata sebesar 122,50. Sehingga dapat disimpulkan ada peningkatan perencanaan karir melalui bimbingan karir dengan penggunaan media modul melalui peran guru Bimbingan Konseling (BK) pada siswa kelas XII IPA 2 MAN Baureno tahun ajaran 2013/2014. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan rujukan bagi guru bimbingan dan konseling dalam penyusunan program dan pengembangan media layanan bimbingan konseling karir untuk meningkatkan perencanaan karir siswa.
References
Amin, Budiman. (2002). Manajemen Bimbingan Karir pada SMU di Kabupaten Bandung. Jurnal Psikolog Pendidikan dan Bimbingan vol.2 November 2002. 259-266.
Feldman, R.D., Olds, S.W. & Papalia, D.E. (2009). Human Development (Perkembangan Manusia) Jakarta: Salemba Humanika.
Mochamad Nursalim & Muastaji. (2010). Media Bimbingan dan Konseling. Surabaya : Unesa University Press.
Prastowo, Andi. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Purwanto, Edi. (2012). Peran Kecerdasan Emosional dan Eksplorasi Anak. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(1): 7-13.
Santrock, John W. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.
Simamora, Henry. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: YKPN.
Sukiman. (2012) Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Suharsimi, Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Putra.
Syamsu, Yusuf. (2009). Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Rizki Press.
Uman, Suherman. (2009). Konseling Karir Sepanjang Rentang Kehidupan. Bandung: UPI.
Walgito, B. (2010). Bimbingan Dan Konseling (Studi Karier). Yogyakarta: Andi.
Winkel, W. S & Hastuti, S. (2010). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Godi Memet Marsudi
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.