Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan di Lingkungan Keluarga dan Kampus terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa Ekonomi Syariah STAI Attanwir Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v10i1.18Keywords:
Pendidikan Kewirausahaan Di Lingkungan Keluarga, Pendidikan Kewirausahaan Di Lingkungan Kampus, MahasiswaAbstract
Anak banyak menghabiskan waktunya di lingkungan keluarga dan sekolah, atau kampus. Sehingga pendidikan merreka akan terpengaruh pada kedua lingkungan tersebut. Mengajarkan anak berwirausaha penting karena berwirausaha dapatmenjadi pilihan karir pasca mereka lulus di jenjang pendidikan. Mahasiswa STAI ATTANWIR, khususnya prodi Ekonomi Syariah, memiliki latar belakang selain sebagai mahasiswa juga mayoritas telah bekerja, sehingga jiwa wirausaha mereka lebih dulu terbetuk dibanding mahasiswa yang belum atau tidak bekerja. Sampel penelitian yang diambil adalah mahasiswa prodi Ekonomi Syariah pada semester enam, yang baru saja menempuh matakuliah kewirausahaan, yaitu sejumlah 27 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan di lingkungan keluarga memberikan pengaruh positif signifikan terhadap niat wirausaha mahasiswa. Pendidikan kewirausahaan di lingkungan kampus tidak berpengaruh signifikan terhadap niat berwirausaha mahasiswa. Rekomendasi yang dapat diberikan adalah pembelajaran kewirausahaan di lingkungan kampus, khususnya pada matakuliah yang bersangkutan, lebih mengkreatifkan strategi, metode, dan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa dan berbasis experiential learning.
References
Dumiyati. 2015. Pendekatan Experiential Learning Dalam Perkuliahan Kewirausahaan Diperguruan Tinggi Untuk Menghadapi Asean Economic Community (Suatu Kajian Teoretis). Prosiding Seminar Nasional 9 Mei 2015
I Ajzen. 1988. Attitudes, Personality, and Behavior. Chicago, Illinois: Dorsey Press
J. P. Chaplin. 1997. Kamus Lengkap Psychologi: Second Edition. Vol. 13. New York: John Wiley Sons.
K. Kartono dan Gulo, D. 1987. Kamus Psikologi. Bandung: Pianir Jaya.
L.O. Hamer. 2000, “The Additive Effects of Semistructured Classroom Activities on Student Learning: An Application of Classroom-Based Experiential Learning Techniques”, Journal of Marketing Education, Vol. 221.
O. C. Hansenmark. 1998. “The Effect Of An Entrepreneurship Program On Need For Achievment And Locus Of Control Of Reinforcement”, International Journal of Entrepreneurship Behavior and Research, 4(1).
S. N Awal Muh. 2006. Kewirausahaan berbasis Spiritual. Yogyakarta: Kayon.
W Soemanto. 2008. Sekuncup Ide Operasional Pendidikan Wiraswasta. Jakarta: Bumi Aksara.
Zimmerer & Scarborough. 1996. Entrepreneurship and the New Venture Formation. Prentice Hall Inc: New Jersey.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Mifta Hulaikah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.