Penggunaan Media Kartu Gambar Dalam Pembelajaran Tematik pada Tema Pekerjaan untuk Meningkatkan Hasil Belajar bagi Siswa Kelas III
DOI:
https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v10i2.19Keywords:
Media Kartu Gambar, Tematik, Hasil BelajarAbstract
Latar belakang penelitian ini berawal dari guru dalam proses pembelajaran pada waktu menjelaskan materi jarang menggunakan media pembelajaran cara guru menjelaskan materi pembelajaran hanya dengan metode ceramah saja, sehingga cara guru mengajar membuat siswa bicara sendiri, mengantuk, bercerita dengan teman sebangkunya, dan siswa tidak tertarik dengan pembelajaran tersebut. Hal ini mengakibatkan rendahmya hasil belajar siswa, maka perlu adanya pemecahan masalah yaitu menggunakan media kartu gambar. Tujuan peneliti ini untuk mengkaji aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa selama proses pembelajaran tematik dengan menggunakan media kartu gambar pada mata pelajaran tematik yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahasa Indonesia. Dan mendeskripsikan respon siswa terhadap penggunaan media kartu gambar pada mata pelajaran tematik. Pelajaran tematik menggunakan media kartu gambar diharapkan siswa dapat memahami materi mata pelajaran tematik yaitu Ilmu Pengetahuan Sosial dan Bahsaa Indonesia tersebut dengan mudah, cepat dan benar karena dengan menggunakan media kartu gambar siswa lebih senang dan antusias dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas.
References
Arifin, Zaenal. 2009. Metodelogi Penelitian Pendidikan Filosofi, Teori, dan Aplikasi. Surabaya: Lentera Cendikia.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2010 . Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Aqib, Zainal. Dkk. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: CV. Yrama Widya.
Departemen pendidikan nasional. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 dan 23 Tahun 2006. Jakarta.
Indarti, Titik. 2008. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penulisan Ilmiah. Surabaya: FBS UNESA.
Jihat, Asep, dkk. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Julianto, dkk. 2011. Teori dan Implementasi Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surabaya : Unesa University Press.
Nisak, Raisatun. 2011. Lebih dari 50 Game Kreatif Belajar Mengajar. Jogyakarta: Diva Press.
Purwana, Dedy. 2011. Penggunaan Media Flanelgraf untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Tematik pada Tema Kegiatan Sehari-hari bagi Siswa Kelas II SDN LIDAH WETAN IV/566. Surabaya: Unesa.
Purwanto, Ngalim. 1997. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Rosda Jaya Putra.
Rini, Diyah Widya. 2011. Penggunaan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial IPS Kelas V SDN Jaan III Gondang Nganjuk. Tidak Dipublikasikan. Surabaya: Unesa.
Sadiman, Arief dkk. 2010. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, & Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana dkk. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudjana, Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.
Wahyudin, Dinn. Dkk. 2008. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Universitas Terbuka
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Nila Dwi susanti
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.