Pengaruh Pengetahuan dan Brand Image Terhadap Minat Memilih Produk Tabungan Mudharabah pada Koperasi Syariah BTM Dinar Nasyiah 2 Sumberrejo
DOI:
https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v10i2.20Keywords:
Pengetahuan, Brand Image, Btm Dinar NasyiahAbstract
BTM Dinar Nasyiah merupakan lembaga keuangan yang bernaung di bawah undang-undang perkoperasian yang bergerak sesuai prinsip syariah. Keberadaan Koperasi Syariah tidak lain adalah untuk menolong kepada sesama manusia yang membutuhkan bantuan.Adanya pengetahuan bagi setiap kalangan masyarakat bukan lagi hal yang mennganggu aktifitas mereka. Dimana kemajuan lembaga keuangan syariah bukan lagi perihal kesenjangan masyarakat, namun dipengaruhi oleh kekuatan citra lembaga yang dicerminkan dari sikap anggotanya. Di saat masyarakat memperoleh manfaat baik dari menggunakan jasa lembaga tersebut maka citra lembaga di mata masyarakat akan semakin baik.
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif serta berupa data sekunder yang meliputi tabel dan gambar dari hasil olah data SPSS versi 16.0. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengetahuan masyarakat tidak berpengaruh terhadap minat memilih produk tabungan mudharabah. Sedangkan secara simultan pengetahuan masyarakat dan brand image berpengaruh signifikan terhadap minat memilih produk tabungan mudharabah. Besarnya pengaruh pengetahuan masyarakat dan brand image adalah 88,3%, sedangkan sisanya sebesar 0,117 atau 11,7% dipengaruhi oleh variabel lain.
References
Abdurrahman, Zain, ”Pengaruh Pengetahuan Santri tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Memilih Produk Bank Syariah”, (Skripsi—UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta:2017), 23
American Marketing Association dalam Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. “Manajemen Pemasaran”, (Jakarta: Erlangga:2008), 12.
Chusnul Chotimah,“Pengaruh Produk, Pelayanan, Promosi dan LokasiTerhadap Nasabah Memilih Bank Syariah Di Surakarta”, ( Skripsi – Surakarta, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, 2014), 2.
Faishal, Fanani, “Pengaruh Brand Image dan Servie Quality terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Pelanggan”. Vol. 4 No. 1 (Januari 2015), 4.
Heri Sudarsono, “ Bank& Lembaga Keuangan Syariah”, (Yogyakarta: Ekonisia, 2003), 84.
Kotler dalam Suryani, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek terhadap kepuasan dan Dampaknya Terhadap Loyalitas” http://repository.uin.jkt.ac.id. Diakses 12 April 2018.
https://id.wikipedia.org/wiki/Nasabah diakses tanggal 26 April 2018
http://www.kajianpustaka.com/2016/10/pengertian-dan-faktor-yang-mempengaruhi-perilaku-konsumen.html. Maret 2018.
James A. Black dan Dean J. Champion dalam Muhammad Ilham ,”Peranan Buku Sekolah Elektronik (BSE) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Study Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Jetak Probolinggo,(Skripsi--,IAIN Sunan Ampel, Surabaya, 2009),12.
Jefkins (Wikipedia, 2011) dalam Nur Istiana, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Image Terhadap Keputusan Menabung pada Bank Syariah Mandirisalatiga” (Skripsi—IAIN Salatiga, Salatiga, 2015), 21.
Junaidi.Jurnal “Persepsi Nasabah untuk memilih dan tidak memilih bank syariah (Studi kasus Kota Palopo)”.Volume 14 No. 02 Desember 2015.
Kasmir. 2011. “Bank dan lembaga keuangan lainnya”. E.11. Jakarta : PT Raja GrafindoPersada.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2008. Manajemen Pemasaran, Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip. 1997. “Manajemen Pemasaran”. E. 9. Jakarta: PT Ikrar Mandiriabadi.Hal. 63
Muhammad Aris Sulistyo, “Pengaruh Pengetahuan, Religiusitas, Promosi dan Tingkat Pendapatan Konsumen Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Bank SyariahStudi pada PT Bank Negara Indonesia Syariah Kantor Kas FE Condongcatur Yogyakarta”, (Skripsi---Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta:2016).
Nugroho J, Setiadi, “ Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen”, (Jakarta: Kencana, 2010), 15.
Nurul Huda & Mohamad Haikal, “Lembaga Keuangan Islam: Tinjauan Teoretis dan Praktis”, (Jakarta: Kencana, 2010), 363.
Nur Istiana, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Image Terhadap Keputusan Menabung pada Bank Syariah Mandirisalatiga” (Skripsi—IAIN Salatiga, Salatiga, 2015), 60.
Rahayu Nisitasari,”Pengaruh pengetahuan konsumen (Consumer Knowledge) dan motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada Asuransi Prudential Syariah Cabang Tulungagung”, (Skripsi---IAIN Tulungagung, Tulungagung), 2016. 128.
Rangkuto, (2004:244), dalam Nur Istiana, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Image Terhadap Keputusan Menabung pada Bank Syariah Mandirisalatiga” (Skripsi—IAIN Salatiga, Salatiga, 2015), 5.
Ridho Firdaus, “Pengaruh Brand image dan media Communications terhadap minat memilih produk pembiayaan modal usaha dalam perspektif etika bisnis islam”.(Skripsi, UIN Raden Intan, 2017), 61.
Setiawaty Nuralamy, Farida Jafar, “Analisis Pengaruh Iklan Terhadap Minat Pembelian Konsumen”, Manajemen Trisakti Vol 2 No 1, (2015), 66.
Schiffman dan Kanuk. 2008. Perilaku konsumen E.7. Jakarta: Indeks.
Sri Dewi Yusuf , “Peran Strategis Baitul Maal Wa-Tamwil (Bmt) Dalam Peningkatan Ekonomi Rakyat”, Akademika, Vol. 10 No.1 (Juni, 2016), 74.
Sofjan Assauri dalam Tri Astuti, “Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Tingkat Suku Bunga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah”, (Skripsi--Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta : 2013),14.
Sugiono, “Metode Penelitian Bisnis”.(Bandung : Alfabeta, 2008), 132.
Sugiono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D”, Cetakan Ke-11. (Bandung: Alfabeta, 2010), 57.
Suharsimi Arikunto (2002) dalam Muhammad Ilham ,”Peranan Buku Sekolah Elektronik (BSE) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Study Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Jetak Probolinggo,(Skripsi--,IAIN Sunan Ampel, Surabaya, 2009), 13.
Sutisna dalam Nur Istiana, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Brand Image Terhadap Keputusan Menabung pada Bank Syariah Mandirisalatiga” (Skripsi—IAIN Salatiga, Salatiga, 2015), 23.
Syofian Siregar, “Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif dilengkapi dengan Perhitungan Manual & Aplikasi SPSS Versi 17,” (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014), 30.
Tri Astuti, “Pengaruh Persepsi Nasabah Tentang Tingkat Suku Bunga, Promosi dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Nasabah”, (Skripsi—Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta : 2013), 14.
Wawan, 2011 :13 dalam Abdurrahman Zain. “Pengaruh Pengetahuan Nasabah Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Memilih Produk Bank Syariah” (Skripsi—UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2017), 11.
Yeni nur wakidah, “pengaruh produk, pelayanan, lokasi dan pengetahuan konsumen terhadap keputusan menjadi anggota di baitul maal wa tamwil (bmt)”, (Skripsi—IAIN Tulungagung, Tulungagung, 2015), 2
Yulianti, Rahmah. Dinamika Akuntansi Dan Bisnis. Volume 2, No. 1 Maret 2015 14-28
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Aris Zulianto aris
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.