Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Melalui Bahan Ajar PAI Berbasis TIK

Authors

  • Arif Afandi IAIN Madura

DOI:

https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v13i2.208

Keywords:

Pendidikan, Bahan ajar, Kurikulum, Pendidikan agama Islam

Abstract

kurikulum menjadi pegangan atau dasar dalam menjalankan suatu kegiatan belajar mengajar ataupun kegiatan dan pengalaman di lingkungan sekolah/madrasah. Pengembangan kurikulum PAI adalah suatu proses atau kegiatan memperbaharui seperangkat rencana baik tujuan, isi, metode, dengan mengembangkan potensi peserta didik sesuai dengan ajaran Islam. Untuk meningkatkan mutu sekolah, perlunya inovasi dalam pembelajaran sehingga pembelajaran dapat dipahami oleh peserta didik. Salah satu cara yaitu dengan upaya menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran. Dapat diketahui bahwa bahan Ajar PAI pada kelas VI di SDIT AL USWAH Pamekasan berbasiz TIK sebagai berikut: LCD, PROYEKTOR, dan Audio. 

References

Atiqoh, Layli dan Budiyono Saputra. “Kurikulum Pendidikan Agama Islam Berbasis Lingkungan Sebagai Penguatan Pendidikan Humanistik di Sekolah Adiwiyata” dalam JPPI. Vol. 12 No. 2. (2017): 292

Bisri, Mohammad. “Komponen-komponen dan Model Pengembangan Kurikulum,” IAIN Kediri, 3. No.2 (2020): 99

Fajri, Karima Nabila. “Proses Pengembangan Kurikulum” dalam Jurnal Islamika. 1 No. 2. (2019): 36

Majid, Abdul. Perencanaan Pembelajaran. Bandung PT. Remaja Rosda Karya Offset, (2000): 173

Pane, Aprida dan Muhammad Darwis Dasopang. “Belajar dan Pembelajaran” dalam jurnal Fitrah. 3 No. 2. (2017): 337

Rohidin, Ryan Zeini dkk. “Model Pembelajaran PAI Berbasis E-Learning” dalam jurnal Studi Al-Qur'an. Vol.11 No. 2, (2015): 121

Sugiana, Aset. “Proses pengembangan Organisasi kurikulum dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia” dalam jurnal Pedagogik. 05 No. 02, (2018): 267

Sukmawati, Henni. “Komponen-komponen Kurikulum dalm sistem pembelajaran, Ash-Shabah, 7 No. 1, (2021): 63

Suriansyah, Ahmad. “Pengembangan Pembelajaran Berbasis TIK” dalam jurnal Paradigma. 10, No.2, (2015): 2

Suyono, Hariyanto MS. Belajar dan Pembelajaran Teori konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosda Karya, (2011): 207

Widianto, Edi dkk. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi” dalam jurnal Jete. Vol 2, No. 2. (2021): 216

Downloads

Published

2022-09-28

Issue

Section

Articles