Hidden Curriculum di Pesantren Sebagai Solusi Pembentukan Karakter Anak Masa Kini
Telaah dari Pengalaman Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 5 Darul Qiyam Magelang
DOI:
https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v13i2.225Keywords:
Hidden Curriculum, Pembentukan karakter, GontorAbstract
Berdasarkan perkembangan situasi pendidikan pada masa pandemi Covid 19 dewasa ini, kondisi pembelajaran siswa sangat menghawatirkan, beberapa penelitian menuturkan dampak dari pembelajaran daring yang tidak tersentuh dengan pendidikan karakter anak, dampak dari tidak adanya pendidikan karakter adalah perilaku penyimpangan akan terjadi pada anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menganalisis bahan primer dan bahan sekunder serta mencari sumber tersier dari surat kabar. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwasanya pendidikan karakter sangatlah penting dan diperlukan terutama dengan perkembangan situasi di tengah pandemi covid sekarang ini, solusi alternatif dalam penerapan pendidikan karakter adalah pondok pesantren yang salah satu penerapannya terjadi di pondok Gontor dengan pola pendidikan karakter berbasis hidden curriculum Gontor menerapkan pembentukan karakter yang menghasilkan alumni alumni yang berkualitas dan berakhlakul karimah.
References
Adnan Mahdi. vol. 2, no. 1. 2005, “Sejarah dan Peran Pesantren dalam Pendidikan di Indonesia”, Islamic Review : Jurnal Riset dan Kajian Keislaman.
Alam, Mufthi, Uin Sunan, and Kalijaga Yogyakarta. vol. 06, no. 02. 2021, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia GONTOR SEBAGAI ROLE MODEL PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS SANTRI.
Alhamuddin, Alhamuddin and Fahmi Fatwa Rosyadi Satria Hamdani. vol. 5, no. 1. 2018, “Hidden Curriculum: Polarisasi Pesantren Dalam Upaya Membentuk Kesalehan Individu Dan Sosial (”, AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman. pp. 50–65
Arum, A.E. and E. Susilaningsih. 2020, “Pembelajaran Daring dan Kajian Dampak Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Kecamatan Muncar”, Prosiding Seminar Nasional
Aslan. pertama edition, ed. by Netha Ayesha. 2019, Hidden Curriculum, Kebumen: CV.Pena Indis.
Curren, Randall. vol. 2017, no. 24. 2017, “Why character education?”, Impact.
Fadli, Adi. vol. 5, no. 1. 2012, “Pesantren: Sejarah dan Perkembangannya”, EL-HIKAM: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman.
Faj, Awaluddin. vol. 6, no. 2. 2011, “Manajemen Pendidikan Pesantren Dalam Perspektif Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A (Pesantren Education Management in Perspective of KH. Abdullah Syukri Zarkasyi)”, Jurnal At-Ta’dib.
Hayati, Amal, Azhar M. Nur, and Syarifah Dahliana. vol. 3, no. 2. 2021, “Pengaruh Hidden Curriculum terhadap Pembinaan Karakter Religius Peserta Didik di Dayah Jeumala Amal Pidie Jaya dan Dayah Al-Furqan Pidie”, Tadabbur: Jurnal Peradaban Islam.
Implementasi Hidden Curriculum Pada Pendidikan Pesantren Modern (kuliah umum).
Jazuli, Sulaiman. 2016, “PENDIDIKAN KARAKTER (Perspektif Tafsîr al-Mishbâ ẖ dan Kitâb Sha ẖ î ẖ Bukhârî dan Sha ẖ î ẖ Muslim)”, Tesis.
Karakt, Membangun et al. vol. 2. 2018, “PENDIDIKAN KARAKTER Imam Gunawan Imam Gunawan”, Jurnal Pendidikan.
Khasanah, Dian Ratu Ayu Uswatun, Hascaryo Pramudibyanto, and Barokah Widuroyekti. vol. 10, no. 1. 2020, “Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19”, Jurnal Sinestesia.
Maghfiroh, Lailatul. vol. 4, no. 2. 2017, “Membangun Karakter Siswa dan Meningkatkan Kecerdasan Spiritual melalui The Hidden Curriculum di MI WAHID HASYIM Yogyakarta”, Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora.
Muhammad, Ismail. vol. 6, no. 1. 2011, “Sistem pendidikan pesantren Modern: Studi Kasus Pendidikan Pesantren Modern Darussalam Gontor Ponorogo”, Jurnal At-Ta’dib.
Muslih, Mohammad et al. vol. 17, no. 1. 2021, “The Existence of Character Education at Pondok Modern Darussalam Gontor for Girls I During the Covid-19 Pandemic Eksistensi Pendidikan Karakter di Pondok Modern Darussalam Gontor Putri I Selama Pandemi Covid-19 Muthmainnah Choliq* Islamic boarding schools”, TSAQAFAH: Jurnal Peradaban Islam.
Rif’at, Khalifaturrahman, Reza, Achmad, Hutama Al, and Nabila Huringiin. vol. 5, no. 2. 2021, The Philoshopy and Application of Five Spirits at Darussalam Gontor Modern Islamic Institution Ponorogo ( A Field Study on class 5 Dormitory Managers).
Saleh, Muhammad. 2019, “Model Wakaf Diri Dalam Prespektif Ekonomi Islam Pada Lembaga Pendidikan Ponpes Gontor Di Ponorogo”, Skripsi.
Sari, Gurita Arum. vol. 8, no. 2. 2020, “Dampak Sistem Kegiatan Belajar Mengajar (Kbm) Daring Akibat Covid-19 Terhadap Siswa”, Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS.
Sulistyawan, Aditya Hendra. vol. 7, no. 2. 2021, “Dampak Pelaksanaan Pembelajaran Daring”, JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar.
Syamsuri, Syamsuri. vol. 6, no. 1. 2020, “Strategi Pengembangan Ekonomi Berdikari di Pesantren Gontor Berbasis Pengelolaan Kopontren”, Al-Intaj : Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah.
Syarifah, Nur Laila. vol. 8, no. 2. 2020, “Pengaruh Hidden Curriculum Berbasis Pesantren Terhadap Pembentukan Akhlaqul Karimah Siswa di SMK Cordova Kajen Tahun 2019”, Quality.
Yapono, Abdurrahim. vol. 11, no. 2. 2015, “Filsafat Pendidikan dan Hidden Curriculum dalam Perspektif KH. Imam Zarkasyi (1910-1985) (Educational Philosophy and Hidden Curriculum in Perspective of KH. Imam Zarkasyi (1910-1985)”, Tsaqafah Jurnal Peradaban Islam.
Yolanda, P. 2019, “Implementasi Program Pendidikan Karakter Berbasis Hidden Curriculum Di Mi Muhammadiyah 1 Pare Kediri”, Inspirasi Manajemen Pendidikan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Alfiansyah Topandi Harahap Alfiansyah Topandi Harahap
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.