Implementasi Sikap Toleransi Sebagai Nilai Pendidikan Islam Multikultural (Studi Etnometodologi Kegiatan Khatmil Quran Mushala Ar Rahmat Nglarangan, Kanor, Bojonegoro)
DOI:
https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v10i2.24Keywords:
Harmonisasi, Agama, ToleransiAbstract
Terdapat 3 hal yang menarik jika kita membicarakan tentang Pendidikan. Pertama, Pendidikan adalah proses kehidupan manusia atau life is education and education is life. Yang kedua, permaslahan Pendidikan yang semakin hari semakin rumit seiring perkembangan zaman dimana terjadi perubahan – perubahan yang cepat dan massif di bidang social, politik, budaya, teknologi informasi dan keamanan yang kesemuanya baik pada lingkup local maupun global. Yang ketiga, Pendidikan dipengaruhi oleh politik suatu bangsa dan dinamika politik akan terus menyebabkan dinamisnya Pendidikan baik dalam pengertian positif maupun negative. Peranan Pendidikan Islam Multikultural yang sedang digemabar-gemborkan menjadi salah satu solusi masalah Pendidikan saat ini. Salah satu nilai multicultural yang dapat mempererat harmonisasi agama, mempererat ukhuwah Islamiyah ialah toleransi. Melalui sikap toleransi atau sikap menghargai antar sesama, dapat menghilangkan berbagai prasangka buruk serta menumbuhkan sikap saling menerima berbagai pendapat orang lain. Sehingga berbagai permasalahan dalam bidang social, politik, budaya, teknologi informasi dan keamanan tidak akan mempengaruhi pola Pendidikan meskipun Pendidikan akan selalu berubah secara diamis sesuai tuntutan zaman.
References
Abdullah bin Nuh, 1993, Kamus Baru (Jakarta: Pustaka Islam)
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1996 (Jakarta: Balai Pustaka)
Humaidi Tatapangarsa. 1980, akhlak yang mulia (Surabaya: PT. Bina Ilmu)
Muhammad Tholhah Hasan, Islam Kita Menuju Islam Rahmatan Lil ‘Alamin, Modul Perkuliahan Program Doktor Pendidikan Islam Multikultural Universitas Islam Malang.
Raihani. 2016, Pendidikan Islam dalam Masyarakat Multikultural. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)
Sulalah, 2012, Pendidikan Multikultural Didaktika Nilai – Nilai Universalitas Kebangsaan., (Malang: UIN MALIKI PRESS)
Sutrisno dan Muhyidin Albaroris. 2012, Pendidikan Islam Berbasis Problem Sosial. (Jogjakarta: Ar Ruzz Media)
Umar Hashim, Toleransi dan Kemerdekaan Beragama dalam Islam Sebagai Dasar Menuju Dialog dan Kerukunan Antar Agama. 1997, (Surabaya: PT. Bina Ilmu)
Gottschalk, Louis. Understanding Histori; A Prime of Historical Method, terj. Nugroho Notosusanto, Jakarta: UI Pres, 1986.
Lexy. J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif(Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2014).
M. B Miles, dan Huberman, A. M, Analisis Data Kualitatif. Terj. Tjejep Rohendi, (Jakarta: UI Press, 1992)
Margono, MetodePenelitianPendidikan (Jakarta : PT. RinekaCipta, 2003).
Moh. Kasiram, Metode Penelitian Kualitatif – Kuantitatif (Malang: UIN Maliki Press, 2010).
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif (Bandung : Alfabeta, 2005).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Lina Agustina
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.