Dinamika Pendidikan Islam dan Liberalisasi Pendidikan di Indonesia

Authors

  • Asnawan Asnawan Institut Agama Islam Al Falah Assunniyyah Kencong Jember
  • Abdul Bashith UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Khurin In Ratnasari IAI Al-Falah As-sunniyyah Kencong

DOI:

https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v13i2.247

Keywords:

Pendidikan Islam, liberalisasi pendidikan, Relevansinya.

Abstract

Tulisan ini mengupas tentang dinamika pendidikan Islam dan liberalisasi pendidikan. Tulisan ini bermula dari regulasi pendidikan Islam yang terjerat dalam jaring pusaran liberalisme barat. Sebuah formula baru untuk mendefinisikan konsep pendidikan secara ideal disebut “liberalisasi”, dan menuntut guru untuk secara kritis dan berkelanjutan memahami pertumbuhan siswa mereka selama proses belajar mengajar.Pendidikan Islam dan liberalisasi pendidikan merupakan upaya untuk mengubah atau mereformasi sistem pendidikan agar lebih mutakhir dan dinamis sehingga pendidikan Islam dapat berfungsi secara dinamis. Liberalisasi pendidikan tidak berarti kebebasan, melainkan harus berpegang pada prinsip-prinsip pendidikan Islam dan diperbarui seperlunya untuk mengikuti kemajuan bidang pendidikan. Sementara, konsep utama dalam pendidikan Islam difokuskan pada pencapaian keberhasilan, kebahagiaan, dan kemaslahatan di akhirat dan dunia, sesuai dengan norma-norma Islam.

References

Adian Husaini, (2005), Islam Liberal, Pluralisme Agama dan Diabolisme Intelektual, Surabaya: Risalah Gusti.

Amin Nasrulah, (2003), Pendidikan Liberal, Reproduksi Kapitalisme, dan Kemandengan Transformasi Sosial, UIN Yogyakarta.

Asnawan, A. (2020). Relevansi Kebijakan dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam. Tafhim Al-’Ilmi, 11(2), 223–240. https://doi.org/10.37459/tafhim.v11i2.3751

Gerald L Gutek, (1988), Philosophical and Ideological Perspectives on Education, New Jersey: Englewood Cliffs.

Greg Barton, (1999), Gagasan Islam Liberal di Indonesia: Pemikiran Neomodernisme Nurcholish Madjid, Djohan Effendi, Ahmad Wahib, dan Abdurrahman Wahid, Jakarta: Paramadina.

H. M. Zainuddin, (2008), Reformasi Pendidikan; Kritik Kurikulum dan Manajemen Berbasis Sekolah, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

H.A.R. Tilaar, (1999), Pendidikan, Kebudayaan, dan Masyarakat Madani Indonesia, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Jasa Ungguh Muliawan, (2005), Pendidikan Islam Integratif: Upaya Mengintegrasikan Kembali Dikotomi Ilmu dan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Marjuni, Kapitalisme Dan Pendidikan Liberal, Jurnal wawasan Keislaman, Vol.6 No.2, 2011.

Mansur Isna, (2001), Diskursus Pendidikan Islam,Yogyakarta: Global Pustaka Utama.

Muhammad Chirzin, dkk (2007), Belajar Dari Kisah Kearifan Sahabat: Ikhtiar Pengembangan Pendidikan Islam, Yogyakarta: Pilar Media

Soleh Subagja. (2010) Gagasan Liberalisme Pendidikan Islam. Malang : Madani.

Samsu Rizal Panggabean, “Dîn, Dunyâ, dan Dawlah” dalam Taufik Abdullah, dkk (eds.), Ensiklopedi Tematis Dunia Islam, Vol. 6 (Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve, t.th.), 50.

Downloads

Published

2022-09-28

Issue

Section

Articles