Implementasi Pendidikan Profetik dalam Memebentuk Karakter Peserta Didik di SD Al-Mahrusiyah

Authors

  • ahmad Khoirul Mustamir INSTITUT AGAMA ISLAM TRIBAKTI

DOI:

https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v13i2.248

Keywords:

Implementasi;, Profetik;, Karakter;

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu pendorong peradaban umat manusia yang syarat dengan nilai-nilai spiritual dan materila. Oleh karena itu, gelombang pengarusutamaan nilai-nilai profetik pada lembaga pendidikan menjadi daya tawar dan daya saing tersendiri. Hal ini menjadikan,menariknya penelitian bertema implementasi nilai-nilai profetik dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini menggunkan studi dan analisi kualitatif. Hasilnya adalah Konsep nilai-nilai profetik menggunakan pendekatan makna amar makruf nahi munkar yang terejawantahkan pada NU. Penguasaan pemahaman, dapat dilihat pada bagaimana memerankan diri ketika menghadapi kemunkaran berbasis bil yad, bel lisan, dan bil qolbi. Semua tindakan tersebut dikerangkai dalam pemahaman Islam rahmatal lil ‘alamin. Berdasakan rapat evaluasi tahuan, menunjukkan penanaman nilai-nilai tersebut mampu menjadi karakter atau identitas alumni LPI Al Mahrusiyah

References

Afifi, Wawancara, Gedung SD Al-Mahrusiyah, 19 Maret 2022.

Aisyah, Siti, “ Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget”, Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 6, No. 1, (Januari-Juni, 2013).

Asmani, Jamal Makmur, Kiat Melahirkan Madrasah Unggul, (Yogyakarta: Difa Press, 2013).

Echols, John M. dan Hasan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, (Jakarta: Gramedia Pusta Utama, 2006).

Hanafi, Nur, Konseptual Profetik, (https://osf.io/x2hp9/download) akses 21 maret 2022 13.37

https://ainamulyana.blogspot.com/2018/06/undang-undang-uu-nomor-20-tahun-2003. 20 Mar. 22.

https://pelayanan.jakarta.go.id/download/regulasi/peraturan-pemerintah-nomor-19-tahun-2005-tentang-standar-pendidikan-nasional.pdf. Diakses 18 Maret 2022.

Ikmal, Moh., “Integrasi Pendidikan Profetik”, Jurnal Pelopor pendidikan, Vol. 4, No. 1, (Januari, 2013).

Izzaty dan Rita Eka, Perkembangan Peserta Didik, (Yogyakarta: UNY Press, 2008).

Journal of Primary Education Vol 1, No 3, Desember 2020, pp. 243-264 )

Kuntowijoyo, Islam Sebagai Ilmu : Epistimologi, Metodologi, dan Etika, (Yogyakarta: Tiara Wacana, 2006).

Lickona, Thomas, Mendidik Untuk Membentuk Karakter, (Jakarta: Bumi Aksara, 2019).

Marzuki, Pendidikan Karakter Islam, (Jakarta: Amzah, 2019).

Moleong, Lexy J, MetodologiPenelitianKualitatif, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2019).

Musfiqon, Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta: Prestasi Public Publiser, 2012).

Mustofa, Budiman, Tuntunan Praktis Sholat Duha, (Solo: Ziyad Visi Media, 2011)

Pratiwi, Sinta Yulis dan Lailatul Usriyah , Implementasi Pendidikan Profetik Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar, (EDUCARE:

Pratiwi, Sinta Yulis, Lailatul Usriyah , Implementasi Pendidikan Profetik Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar, (EDUCARE: Journal of Primary Education Vol 1, No 3, Desember 2020.

Kosasih, A. Djahari, Menelusuri Dunia Efektif Pendidikan Nilai dan Moral, (Bandung: Lab. PMP. Ikip Bandung, 1996).

Rahmat, Abdul dan Sriharini, Manajemen Profetik, (Gorontalo, Ides Publishing, Mei 2018).

Roqib, Moh., Prophetic Education. Purwokerto: STAIN Press, 2011.

Rosyadi dan Khoerun, Pendidikan Profetik, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004).

Tualeka, Basa Alim, 25 Pemimpin Hebat Pemimpin Yang Memerdekakan Bangsanya Dalam Berbagai Bidang, (jakarta: Elex Media Komputindo, 2012).

Yusuf, Syamsul, Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2009).

Downloads

Published

2022-09-28

Issue

Section

Articles