Pengaruh Strategi Pemasaran terhadap Minat Menabung Anggota di Koperasi Pondok Pesantren As-Sakinah Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v10i2.25Keywords:
Strategi Pemasaran, Minat MenabungAbstract
Koperasi Pondok Pesantren As-Sakinah Bojonegoro adalah suatu badan usaha ekonomi yang berbadan hukum koperasi, terorganisir dalam bentuk koperasi syariah, melakukan etika moral dengan memperhatikan prinsip-prinsip ajaran agama Islam.
Dalam setiap perusahaan maupun lembaga keuangan pasti memerlukan adanya strategi pemasaran, strategi pemasaran yang dimiliki oleh perusahaan harus mempunyai strategi yang baik agar tercapai visi dan misi perusahaan, dengan menggunakan strategi pemasaran yang baik diharapkan perusahaan dapat mengatasi persaingan dengan perusahaan sejenis, sehingga dapat meningkatkan produktifitas dan pendapatan perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pemasaran terhadap minat menabung anggota di Koperasi Pondok Pesantren As-Sakinah Bojonegoro, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, adapun data yang diperoleh dari data primer dan sekunder. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode analisis regresi linier sederhana. Menggunakan perangkat lunak SPSS 16.0 for Windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel strategi pemasaran (X) berpengaruh tidak signifikan terhadap minat menabung anggota, koefesien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh variabel independen (strategi pemasaran) terhadap variabel dependen (minat menabung) adalah sebesar 0,101, sedangkan sisanya 89,90% (100% - 0,101) dipengaruhi oleh faktor lain. Sedangkan uji t bahwa nilai t sebesar 1,960 < 2,018 atau t hitung lebih kecil dari pada t tabel, maka H0 diterima dan Ha ditolak, artinya tidak signifikan.
References
A. Amrin. 2007. Strategi Pemasaran Asuransi Syariah. Jakarta: PT Gramedia.
A. Hasan. 2010. Marketing Bank Syariah. Bogor: Ghalia Indonesia.
A. Sudijono. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
E.C. Elina. 2008. Pengaruh Iklan Untung Beliung Britama Terhadap Minat Nasabah Untuk Menabung Di Tabungan Britama BRI. Tesis, Program Studi Magister Manajeman Universitas Sebelas Maret Surakarta.
E.S. Khomariah. 2011. “Analisis Kesehatan pada Koperasi Pondok Pesantren As-sakinah Bojonegoro 2011-2012”. Skripsi, Program Studi Akuntansi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “CENDEKIA” Bojonegoro.
H.B. Alma. 2010. Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.
Kasmir. 2003. Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Prenada Media Group.
M. Firdaus. 2004. Ekonometrika Suatu Pendekatan Aplikatif. Jakarta: Bumi Aksara.
M. Syah. 2004. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.
Mardani. 2011. Ayat-Ayat dan Hadits Ekonomi Syariah. Jakarta: PT Grafindo Persada.
N.J. Setiadi. 2010. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
N.M. Al Arif. 2010. Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung: Alfabeta.
S. Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
S. Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
U Khoirul. 2012. “Pengaruh Produk Syariah Dan Bauran Promosi terhadap Keputusan Nasabah Menabung Di BNI Syariah Cabang Semarang.” Skripsi, Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri Wali songo Semarang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 sugito
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.