Meningkatkan Kemampuan Menulis Melalui Metode VAKT Bagi Anak Berkesulitan Belajar Menulis Kelas IV di SDN 19 Kapalo Koto
DOI:
https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v11i1.30Keywords:
Menulis, Metode VAKT, Anak Kesulitan BelajarAbstract
Tiga kemampuan dasar yang harus dimiliki seorang siswa salah satunya adalah kemempuan menulis. Menulis adalah salah satu cara yang digunakan dalam berkomunikasi, anak dapat menyampaikan ide, pikiran dan perasaannya melalui uraian kata-kata yang bermakna. Anak berkesulitan belajar menulis atau yang bisa disebut disgrafia adalah suatu keadaan yang merujuk pada kesulitan dalam mengekpresikan pikiran secara tertulis. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di SDN 19 Kapalo Koto Kecamatan Pauh di kelas IV, ditemukan 2 orang anak yang mengalami kesulitan belajar menulis. Untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut, salah satu metode pembelajarannya adalah dengan menggunakan metode visual, audiotori, kinestetik, dan taktil (metode VAKT). Metode VAKT adalah metode yang memanfaatkan seluruh rangsangan indera anak dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan design penelitian Single Subject Research Multiple Baseline Cross Subject. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode VAKT mampu meningatkan kemampuan menulis bagi anak berkesulitan belajar menulis di kelas IV SDN 19 Kapalo Koto.
References
Abdurrahman, Mulyono. Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Dewi, Yuli Ani Setyo. “Analisis Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Di Sekolah Dasar Negeri Pisang Candi 1 Malang.” Modeling 1, no. 2 (2014): 94–109.
Dhieni, Nurbiana, and dkk. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka, 2014.
Jamaris, Martini. Kesulitan Belajar Perspektif, Asesmen, Dan Penanggulangannya. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
Misra. “Peningkatan Kemampuan Menulis Pengumuman Melalui Metode Latihan Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Gio Kecamatan Moutong.” Jurnal Kreatif Tadulako 1, no. 2 (2015): 60–73.
Notoatmodjo, Soekidjo. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta, 2003.
Sasmiyanti, Meita. “KEEFEKTIFAN MODEL THINK PAIR SHARE BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PADA SISWA KELAS IV SDN KOWANGAN TEMANGGUNG.” Universitas Negeri Semarang, 2016.
Sunanto, Juang, Koji Takeuchi, and Hidoe Nakata. Penelitian Dengan Subyek Tunggal. Bandung: UPI Press, 2006.
Susanti, Santi. “MENULIS SEBAGAI BENTUK PELESTARIAN BUDAYA LOKAL.” Jurnal Riset Komunikasi 1, no. 1 (2018): 136–46.
Yusuf, Munawir. Pendidikan Bagi Anak Dengan Problema Belajar. Surakarta: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2003.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Puti Intan Anandani, Kasiyati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.