Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum: Relevansi dan Kontinuitas

Authors

  • Miftahul Ulum STAI Syaichona Moh. Cholil Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v11i1.32

Keywords:

Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, e-Learning, era digital 4.0

Abstract

Gelombang digital membawa perubahan besar terhadap cara manusia dalam belajar. Saat ini orang memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar, waktu yang dimiliki banyak dimanfaatkan untuk menimba ilmu. Semakin cepat orang mempelajari sesuatu hal, maka akan semakin banyak pula pengalaman belajar yang didapatkan, jika pengalaman belajar banyak didapat maka peningkatan taraf hidup akan semakin terbuka. System pembelajaran di era digital 4.0 ini harus mengupayakan penyebaran informasi secara luas dan cepat, sehingga pesanpesan pembelajaran bias diperoleh dengan cepat dan akurat. Untuk menjawab tantangan akan kebutuhan cepatnya informasi maka Pendidikan saat ini lebih banyak memanfaatkan fasilitas e-learning. Dalam proses pembelajaran fasilitas e-learning ini dimanfaatkan dalam berbagai mata pelajaran termasuk diaplikasikan dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

References

Arifin, Zainal. 2014. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Bangkalan, S. D. H., & Ramdhan, T. W. (2019). Model pengembangan kurikulum multikultural Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 5(2).

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan, Heri. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. 2012. Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Haryati, Nik. 2011. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI). Bandung: Alfabeta.

Hidayat, Sholeh. 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Idi, Abdullah. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. 2010. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Muhaimin. 2012. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasa, E. 2010. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, Implementasi, dan Inovasi.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

__________________ 2012. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Sebuah Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Poerwati, Loeloek Endah, Sofa Amri. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013, Sebuah Inovasi Struktur Kurikulum Penunjanng Pendidikan Masa Depan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Salim, Haitami & Syamsul Kurniawan. 2012. Studi Ilmu Pendidikan Islam. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Pengembangan Kurikulum: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ramdhan, T. W. (2019). Kurikulum Pendidikan Islam Multikultural (Analisis Tujuan Taksonomi dan Kompetensi Peserta Didik). journal PIWULANG, 1(2), 121-136.

Ramdhan, T. W. (2019). Desain Kurikulum pendidikan Islam berbasis tauhid. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 118-134.

Tim Pengembang MKDP. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2020-07-16

Issue

Section

Articles