Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Era Digital

Authors

  • Ahmad Saiful Rizal IAI Khozinatul Ulum Blora

DOI:

https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i1.329

Keywords:

inovasi pembelajaran, era digital, hasil belajar

Abstract

Abstrak:  Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan tentang inovasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa di era digital. Era digital yang sedang berkembang saat ini membawa dampak besar pada semua aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam pembelajaran agar siswa dapat mengoptimalkan potensinya dan memperoleh hasil belajar yang baik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan kajian pustaka (library research). Data yang digunakan adalah data primer berupa buku-buku, jurnal, dan sumber online yang terkait dengan inovasi pembelajaran. Data tersebut dianalisis dengan cara membaca, mengumpulkan, dan menyimpulkan informasi untuk membuat gambaran mengenai inovasi pembelajaran. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi pembelajaran merupakan hal yang penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa di era digital. Berbagai inovasi pembelajaran seperti pengembangan materi pembelajaran yang menarik dan interaktif, pembelajaran berbasis teknologi, pembelajaran berbasis proyek, pembelajaran berbasis masalah, dan pembelajaran berbasis game dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Inovasi pembelajaran juga membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan interaktif bagi siswa, sehingga membantu siswa untuk memahami materi dengan lebih baik. Selain itu, siswa juga lebih termotivasi untuk belajar lebih baik.

References

Anggraeny, Devie, Dina Aulia Nurlaili, and Rachil Amalia Mufidah. “Analisis Teknologi Pembelajaran Dalam Pendidikan Sekolah Dasar.” FONDATIA 4, no. 1 (March 30, 2020): 150–57. https://doi.org/10.36088/FONDATIA.V4I1.467.

Azis, Taufiq Nur. “Strategi Pembelajaran Era Digital.” Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS 2019) 1, no. 2 (2019): 308–18.

Bahrul Ulum Ilham. “Harbuknas 2022 : Literasi Indonesia Peringkat Ke-62 Dari 70 Negara.” BisnisKUMKM, 2022. https://bisniskumkm.com/harbuknas-2022-literasi-indonesia-peringkat-ke-62-dari-70-negara/. diakes pada 16 Februari 2023

Berkhamas Mulyadi, Yohanes, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, and Persada Khatulistiwa. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis CD Interaktif Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 9, no. 1 (January 23, 2019): 82–92. https://doi.org/10.24246/J.JS.2019.V9.I1.P82-92.

Daniel, Oleh :, and Bangkit Kriswanto. “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS M-LEARNING PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI PAJAK.” Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia 18, no. 2 (December 6, 2020): 28–44. https://doi.org/10.21831/JPAI.V18I2.32539.

Dewi, Nindian Puspa, and Indah Listiowarni. “Implementasi Game Based Learning Pada Pembelajaran Bahasa Inggris.” Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi) 3, no. 2 (August 1, 2019): 124–30. https://doi.org/10.29207/RESTI.V3I2.885.

Fajuri, Fajuri. “Penerapan Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas I SD Negeri 27 Ampenan.” Jurnal Paedagogy 6, no. 1 (April 14, 2019): 20–26. https://doi.org/10.33394/JP.V6I1.2526.

Febri Kristiana, Tamariska, Elvira Hoesein Radia, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, and Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. “Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5, no. 2 (March 6, 2021): 818–26. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I2.828.

Handayani, Anik, and Henny Dewi Koeswanti. “Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif.” Jurnal Basicedu 5, no. 3 (April 24, 2021): 1349–55. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I3.924.

Humas Kemensetneg. “Pemerintah Resmi Cabut Kebijakan PPKM Mulai Hari Ini,” 2022. https://www.setneg.go.id/baca/index/pemerintah_resmi_cabut_kebijakan_ppkm_mulai_hari_ini. diakes pada 16 Februari 2023

IMAM SETIAWAN. “Bagaimana Mengatasi Ketidakmerataan Akses Internet Di Indonesia.” Worldbank Blog, 2022. https://blogs.worldbank.org/id/eastasiapacific/bagaimana-mengatasi-ketidakmerataan-akses-internet-di-indonesia. diakes pada 16 Februari 2023

Ingriansari. “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Efek Negatif Media Sosial Di Kalangan Peserta Didik SMP Negeri 7 Parepare,” 2019, 26.

Kurniasih, Wida. “Mengenal Generasi Baby Boomers, X, Y, Z Dan Alpha.” Gramedia Blog, 2023. https://www.gramedia.com/literasi/generasi-baby-boomers-x-y-z-alpha/#1_Generasi_Baby_Boomers_1946-1964. diakes pada 16 Februari 2023

Lubis, Syamsidah. “Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan 2, no. 12 (December 30, 2022): 1121–26. https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1121-1126.

Mukaromah, Euis. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Gairah Belajar Siswa.” Indonesian Journal of Education Management & Administration Review 4, no. 1 (October 24, 2020): 175–82. https://doi.org/10.4321/IJEMAR.V4I1.4381.

Noperman, Feri. “INOVASI PEMBELAJARAN: Dari Ide Kreatif Di Kepala Sampai Praktik Inovatif Di Kelas,” 2022. https://www.researchgate.net/publication/360931105.

Norhikmah, Norhikmah, Nahdiyatul Fitria Rizky, Dwi Puspita, and Saudah Saudah. “Inovasi Pembelajaran Dimasa Pendemi: Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Pendekatan Destinasi Imajinasi.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 5 (March 24, 2022): 3901–10. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1886.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelejaran Beroirentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Penerbit Kencana, 2013.

Satria, Habib. “Pengaruh Teknik Cooperative Learning Berbasis Metode Think Pair Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Dasar-Dasar Elektronika.” CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro 5, no. 1 (February 14, 2021): 17–23. https://doi.org/10.22373/CRC.V5I1.8085.

Sitompul, Baginda. “Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Di Era Digital,” 2022.

Umam, Hilman Imadul. “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Ilmiah Sebagai Salah Satu Keterampilan Abad 21.” Jurnal Basicedu 5, no. 1 (December 30, 2021): 350–56. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I1.645.

Winatha, Komang Redy, and I Made Dedy Setiawan. “Pengaruh Game-Based Learning Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10, no. 3 (September 28, 2020): 198–206. https://doi.org/10.24246/J.JS.2020.V10.I3.P198-206.

Downloads

Published

2023-03-29

Issue

Section

Articles