Penggunaan Media Gambar Seri dalam Melatih Keterampilan Menulis Laporan Sederhana Siswa MI Kelas Rendah
DOI:
https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i1.331Keywords:
Penggunaan Media Gambar, Gambar Seri, Keterampilan Menulis, Laporan SederhanaAbstract
Artikel ini merupakan hasil observasi terkait dengan kurangnya minat siswa dalam menulis serta siswa kesulitan dalam mendeskripsikan sesuatu. Hal ini terlihat ketika siswa mendapat tugas untuk membuat laporan berdasarkan pengamatan pada sebuah gambar. Siswa kesulitan dalam menuangkan buah pikirannya, hanya menulis benda-benda yang ada dalam gambar dan belum mampu membuat sebuah kalimat yang baik. Untuk itu, guru perlu membiasakan siswa dengan kegiatan menulis deskripsi dan menjadikan kegiatan menulis deskripsi sebagai suatu hal yang menyenangkan untuk mencapai standar kompetensi keterampilan menulis laporan sederhana dan menumbuhkan budaya menulis deskripsi pada siswa. Hal tersebut diperlukan proses pembelajaran yang menyenangkan yakni dengan menerapkan sebuah media pembelajaran yang menyenangkan, salah satu media yang dapat digunakan adalah media gambar seri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, metode kuantitatif ialah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen atau pre-experimental. Rancangan yang digunakan adalah “One Group Pretest-Posttest Design”. Hasil penelitian penggunaan media gambar seri efektif dalam melatih keterampilan menulis laporan sederhana siswa MI kelas rendah. Hal ini ini dapat dilihat dari tes hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran menulis laporan sederhana melalui media gambar seri menunjukkan bahwa skor rata-rata siswa mengalami peningkatan yang signifikan yaitu lebih tinggi 87,58 dibanding dengan pretest atau sebelum dilaksanakan perlakuan yakni 55,41. Berdasarkan uji t test, t hitung > t tabel atau - 13,5 > 1,714 dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini dapat diartikan bahwa penggunaan media gambar seri efektif dalam melatih menulis laporan sederhana.
References
Andarini Suparlinda, Budaya Literasi Membaca dan Keterampilan Menulis Paragraf Siswa Sekolah Dasar, Pati:Maghza Pustaka, 2021.
Anonim, “Arti Pengamatan” dalam https//:Kbbi/Arti/Pengamatan Diakses 18 Februari 2022.
Asnawir, Basyirudin Usman, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers, 2002.
Depdiknas, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (Jakarta: Depdiknas, 2006), 322.
Depdiknas, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jakarta: Depdiknas, 2006.
Faisal, Buku Guru Tema 4 Hidup Bersih dan Sehat Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD Kelas rendah, Jakarta:Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2017.
Helaludin, Awalludin, Keterampilan Menulis Akademik Panduan bagi Mahasiswa di Perguruan Tinggi, Serang: Media Madani, 2020.
Hidayah Nurul, Dkk, “Pengembangan Media Pembelajaran Gambar Berseri Berbasis Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan
Menulis Narasi BahasaIndonesia” Dalam Jurnal Terampil (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar), (No 1, Vol. 7, 2020), 60. Dapat Diakses Http://Ejournal.Radenintan.Ac.Id/Index.Php/Terampil/Article/View/6182/3871.
Indriana Dina, Ragam Alat Bantu Media Pengajaran, Jogjakarta: Diva Press, 2011.
Mantiri Jeane, “Peran Pendidikan Dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas di Provinsi Sulawesi Utara” Dalam Jurnal Civic Education (No 1, Vol. 3, 2019), 20, dapat diakses dalam Http://Repo.Unima.Ac.Id/Id/Eprint/1003/.
Mulyati, Yeti, Dkk, Keterampilan BahasaIndonesia Di SD, Jakarta:Universitas Terbuka, 2009.
Redaksi Cemerlang, Puebi & Sastra Indonesia, Tanggerang Selatan: Redaksi Cemerlang, 2018.
Rhiantini Sari, Dkk, “Penerapan Methode Two Stay Two Stray dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Pada Materi Laporan Pengamatan” Dalam Jurnal Pena Ilmiah (No. 1, Vol. 2, 2017), 121. Dapat Diakses https://Eujornal.Upi.Edu/Index.Php/Penailmiah/Article/View/9533.
Rohani Ahmad, Media Intruksional Edukatif, Jakarta:Rineka Cipta, 1997.
Sudjana Nana, Teori-Teori Belajar Untuk Pengajaran, Bandung:Fakultas Ekonomi UI, 1990.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Syamsudin Syamsudin
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.