Manajemen Kurikulum Terpadu dalam Membentuk Insan Kamil

Studi Kasus di Pondok Pesantren Al Ma’ruf, Kediri

Authors

  • zainal abidin UII DALWA Pasuruan
  • Asep Rahmatullah IAI Darullugah Wadda'wah, Bangil, Pasuruan

DOI:

https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i1.339

Keywords:

Manajmen, Kurikulum Terpadu, Insan Kamil

Abstract

Studi ini akan mendeskrisikan kurikulum terpadu dalam membentuk insan kamil, tepatnya di Pondok Pesantren al Ma’ruf, Bandar Lor, Kediri. Studi ini menggunakan peneltian kualitatif dan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen kurikulum terpadu di Pondok Pesantren al Ma’ruf dilakukan dengan melibatkan pemaduan kegiatan di pondok pesantren dan sekolah formal termasuk di dalamnya kegiatan ekstrakurikuler. Penguatan kegiatan dalam pembentukan insan kamil dengan melibatkan selurh santri pada semua kegiatan dengan berbasis kepada pelayanan dan sinkronisasi kegiatan para santri baik kegiatan pondok maupun kegiatan sekolah.

References

Adipratama, Zoga, Raden Bambang Sumarsono, and Nurul Ulfatin. “MANAJEMEN KURIKULUM TERPADU DI SEKOLAH ALAM BERCIRI KHAS ISLAM.” JAMP : Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan 1, no. 3 (September 2, 2018): 372–80. doi:10.17977/um027v1i32018p372.

Alaloul, Wesam Salah, M.S. Liew, Noor Amila Wan Abdullah Zawawi, and Ickx Baldwin Kennedy. “Industrial Revolution 4.0 in the Construction Industry: Challenges and Opportunities for Stakeholders.” Ain Shams Engineering Journal, October 2019, S2090447919301157. doi:10.1016/j.asej.2019.08.010.

Fitrianti, Leni. “PRINSIP KONTINUITAS DALAM EVALUASI PROSES PEMBELAJARAN.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 10, no. 1 (June 30, 2018): 89–102. doi:10.35445/alishlah.v10i1.68.

Hakim, Abdul, and N. Hani Herlina. “Manajemen Kurikulum Terpadu Di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL] 6, no. 1 (2018): 111–32.

Ifendi, Mahfud. “Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren Sunan Drajad Banjarwati Lamongan.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam 6, no. 2 (December 29, 2021): 85–98. doi:10.24235/tarbawi.v6i2.8898.

Lestari, Retno Dwi, Wafiyul Ahdi, and Hidayatur Rohmah. “PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER ISLAMI MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER AL-BANJARI DI MA AL-IHSAN KALIKEJAMBON TEMBELANG-JOMBANG.” JoEMS (Journal of Education and Management Studies) 4, no. 1 (February 20, 2021): 31–36. http://www.ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/351.

Muslim, Amim, Dian Putri Ayuni, Mahadhika Wipradharma, and Hagni Wijanti. “EKSTRAKURIKULER TAHFIDZ Al-QUR’AN SEBAGAI UPAYA PENANAMAN KARAKTER ISLAMI DI SMP MUHAMMADIYAH 1 SUKOHARJO.” Buletin Literasi Budaya Sekolah 3, no. 2 (December 31, 2021): 128–34. doi:10.23917/blbs.v3i2.14277.

Nihwan, Muhammad, and Paisun Paisun. “Tipologi Pesantren (Mengkaji Sistem Salaf Dan Modern).” Jurnal Pemikiran Dan Ilmu Keislaman 2, no. 1 (March 15, 2019): 59–81. https://www.jurnal.instika.ac.id/index.php/jpik/article/view/100.

Nur Handayani, Iys, and Suismanto Suismanto. “Metode Sorogan dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran pada Anak.” Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini 3, no. 2 (April 1, 2019): 103–14. doi:10.14421/jga.2018.32-04.

Rifa, Muh Khoirul. “INTERNALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS BERBASIS MULTIKULTURAL DALAM MEMBENTUK INSAN KAMIL” 4 (2016).

Sirojuddin, Akhmad, Ashlahuddin Ashlahuddin, and Andika Aprilianto. “Manajemen Kurikulum Terpadu Berbasis Multiple Intellegences Di Pondok Pesantren.” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 3, no. 1 (2022): 35–42.

Downloads

Published

2023-03-29

Issue

Section

Articles