Penerapan Pendekatan Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita SDLB Negeri Sumbang Bojonegoro

Authors

  • Abd. Hafid STAI ATTANWIR BOJONEGORO
  • , Indah Fajrotuz Zahro STAI ATTANWIR BOJONEGORO
  • Devi Anjar Kasih STAI ATTANWIR BOJONEGORO

DOI:

https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i1.341

Keywords:

Kemandirian anak, anak tunagrahita, pendekatan behaviour

Abstract

Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki IQ dibawah rata-rata, oleh sebab itu anak tunagrahita sulit berkembang dan lemah dalam segi intelektual anak tunagrahita juga mengalami kesulitan dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari saja mereka sangat bergantung kepada orang lain. Dilihat dari segi lainnya ank tunagrahita adalah anak yang bisa dibimbing dan diubah sedikit demi sedikit menjadi lebih mandiri. Oleh sebab itu dibutuhkannya guru atau pendamping untuk melakukan bimbingan kemandirian dengan teknik behaviour. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian anak tunagrahita di SLB Negeri Sumbang Bojonegoro. Untuk mengetahui apa saja hambatan saat pelaksanaan bimbingan, dan untuk mengetahui bagaimana hasil setelah dilakukannya bimbingan dengan pendekatan behavioral. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif merupakan suatu proses kegiatan penelitian yang menggambarkan secara keseluruhan dari data-data yang ada, tanpa menggunakan rumusan-rumusan statistika atau pengukuran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada fase perlakuan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bimbingan kemandirian di SLB Negeri Sumbang Bojonegoro.

References

Apriyanto, Nunung. 2012 Seluk Beluk Tunagrahita & pembelajarannya. Yogyakarta: JAVALITERA

Astuti P. 2018. “Dukungan Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita Sedang” Vol 6, No 1, 2018: 124-131

Gazda, G.M., (1984) “Group Counseling A Developmental Approuch. Boston Allyn and Bocan

Kustawan, D (2016). Bimbingan dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus. Jakarta Timur: PT. LUXIMIA METRO MEDIA.

Kartodirdjo, Sartono. (1999) Multi Dimensi Pembangunan Bangsa: Etos Nasionalisme dan Negara Kesatuan. Yogyakarta: Kanisius. p. 119.

Yusuf, syamsu & Juntika, Nurihsan. 2005. Landasan Bimbingan Dan Konseling Bandung: Rosdakarya

Suwanto, I. 2016. Konseling Behaviour Dengan Teknik Self Management Untuk membantu Kematangan karir Siswa SMK. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1 (1), 1-5

Setyosari, punaji. (2010). Metode Penelitian dan pengembangan. Jakarta Kencana.

Umul Sakinah. (2018) “Konseling Behavioristik Dalam Membentuk Prilaku Mandiri Merawat Diri Pada Anak Tunagrahita” (Vol. 15, No. 1, Juni 2018)

Downloads

Published

2023-03-30

Issue

Section

Articles