Penerapan Pendekatan Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita SDLB Negeri Sumbang Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i1.341Keywords:
Kemandirian anak, anak tunagrahita, pendekatan behaviourAbstract
Anak tunagrahita adalah anak yang memiliki IQ dibawah rata-rata, oleh sebab itu anak tunagrahita sulit berkembang dan lemah dalam segi intelektual anak tunagrahita juga mengalami kesulitan dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari saja mereka sangat bergantung kepada orang lain. Dilihat dari segi lainnya ank tunagrahita adalah anak yang bisa dibimbing dan diubah sedikit demi sedikit menjadi lebih mandiri. Oleh sebab itu dibutuhkannya guru atau pendamping untuk melakukan bimbingan kemandirian dengan teknik behaviour. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian anak tunagrahita di SLB Negeri Sumbang Bojonegoro. Untuk mengetahui apa saja hambatan saat pelaksanaan bimbingan, dan untuk mengetahui bagaimana hasil setelah dilakukannya bimbingan dengan pendekatan behavioral. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif merupakan suatu proses kegiatan penelitian yang menggambarkan secara keseluruhan dari data-data yang ada, tanpa menggunakan rumusan-rumusan statistika atau pengukuran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan pada fase perlakuan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bimbingan kemandirian di SLB Negeri Sumbang Bojonegoro.
References
Apriyanto, Nunung. 2012 Seluk Beluk Tunagrahita & pembelajarannya. Yogyakarta: JAVALITERA
Astuti P. 2018. “Dukungan Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita Sedang” Vol 6, No 1, 2018: 124-131
Gazda, G.M., (1984) “Group Counseling A Developmental Approuch. Boston Allyn and Bocan
Kustawan, D (2016). Bimbingan dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus. Jakarta Timur: PT. LUXIMIA METRO MEDIA.
Kartodirdjo, Sartono. (1999) Multi Dimensi Pembangunan Bangsa: Etos Nasionalisme dan Negara Kesatuan. Yogyakarta: Kanisius. p. 119.
Yusuf, syamsu & Juntika, Nurihsan. 2005. Landasan Bimbingan Dan Konseling Bandung: Rosdakarya
Suwanto, I. 2016. Konseling Behaviour Dengan Teknik Self Management Untuk membantu Kematangan karir Siswa SMK. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1 (1), 1-5
Setyosari, punaji. (2010). Metode Penelitian dan pengembangan. Jakarta Kencana.
Umul Sakinah. (2018) “Konseling Behavioristik Dalam Membentuk Prilaku Mandiri Merawat Diri Pada Anak Tunagrahita” (Vol. 15, No. 1, Juni 2018)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Abd. Hafid, , Indah Fajrotuz Zahro, Devi Anjar Kasih
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.