Pola Pengasuhan Santri Dalam Pendidikan Karakter di Pondok Modern Darussalam Gontor 7 Putra Riyadhatul Mujahiddin, Sulawesi Tenggara

Authors

  • Jefry Muchlasin Jefry Muchlasin IAIN Kendari

DOI:

https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v11i2.36

Keywords:

Pola Pengasuhan Santri, Pendidikan Karakter

Abstract

Sebagai lembaga pendidikan Islam, Pondok Pesantren mempunyai peran penting dalam sejarah pendidikan di Indonesia bahwa pondok pesantren merupakan artefak pendidikan di Indonesia yang indigenous dengan sistem asrama. Sistem asrama sebagai sistem pendidikan didalam pondok pesantren menempatkan peran pendidik untuk mendidik para santri dengan kedisiplinan yang optimal melalui bagian pengasuhan santri. Peran bagian pengasuhan santri sangat strategis dalam merencanakan, mengontrol, mengawasi hingga mengevaluasi seluruh proses kegiatan dan program selama 24 jam dengan pendekatan dan metode yang sistemik. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan adapun yang menjadi informan penelitian ini adalah Bapak Pengasuh, Guru Senior di Gontor 7, Bagian Pengasuhan santri, Bagian OPPM, Pengurus asrama dan beberapa orang santri. Dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa Pola pengasuhan santri dilakukan secara sistematis dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen dalam proses kepengasuhanan santri di Pondok Modern Darussalam Gontor 7 Riyadhatul Mujahiddin yang meliputi atas pengarahan, penugasan, pelatihan, pembiasaan, pengawalan, keteladanan (uswatun hasanah), dan proses penciptaan lingkungan dengan totalitas kehidupan santri selama 24 jam melalui berbagai kegiatan dan program pondok didalam lingkungan pesantren yang bergerak secara dinamis yang berdasarkan pada nilai-nilai pondok Gontor. Kedua, implementasikan pola dan skema manajemennya, bagian pengasuhan santri dalam pembentukan karakter santri melalui kegiatan harian yang umum dilaksanakan santri dan kegiatan ekstrakurikuler meliputi kegiatan olahraga, kesenian, kepemimpinan, pengembangan diri, dan wirausaha. Ketiga, diantara faktor yang pendukung yaitu peran dan figur seorang pengasuh, sistem asrama dan lingkungan pesantren, dan faktor penghambat adalah wali santri, sarana dan prasarana, dan pengetahuan tentang kepengasuhan.

References

Brooks, Jane B. The Process of Parenting. California: Mayfield Publishing Company, 1991.

Djamarah, Syaiful Bahri. Pola Komunikasi Orang Tua & Anak Dalam Keluarga. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2004.

Hafidudin, Didin dan Hendri Tanjung, Manajemen Syariah dalam Praktik. Jakarta: Gema Insani, 2003.

Hamner dan P.H. Turner. Parenting in Contemporary Society. New Jersey; Prentice-Hill, 1990.

Hardoyo, Hafid. Kurikulum Tersembunyi Pondok Modern Darussalam Gontor. dalam Jurnal At-Ta’dib Vol.4 No.2 Sya’ban 1429.

Hasan, Maimunah. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press, 2010.

https://www.gontor.ac.id/pondok-modern-riyadhatu-l-mujahidin-gontor-7, pada tanggal 01 Juli 2019 pukul 21.40 WITA.

https://www.gontor.ac.id/putra2/sejarah diakses pada tanggal 01 Juli 2019 pukul 21.00 WITA.

Hurlock, E.B. Developmental psychology: a lifespan approach. Boston: McGraw-Hill, 1990.

Kurniadin, Didin dan Imam Machali. Manajemen Pendidikan Konsep dan Prisip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Madjid, Nurcholis. Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Paramadina, 1997.

Marno dan Triyo Supriyatno, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Bandung: Refika Aditama, 2008.

Martin, Carole A dan Karen K Colbert. Parenting A life Span Perspective. USA: Mc Graw-Hill, 1997.

Moleong, Lexi J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Rollins, Sidney P. Introduction to Secondary Education. Chicago: Rand Minally and Company, 1979.

Sagala, Syaiful. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2013.

Silverius, Suke. Evaluasi Hasil Belajar Dan Umpan Balik. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1991.

Slameto, Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara, 1988.

Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru, 2002.

Terry, George R. Principles of Management (terj. Winardi). Bandung: Alumni, 1986.

Veur, Paul W. Van der (Ed.) Kenang-kenangan Dokter Soetomo. Jakarta: Sinar Harapan, 1984.

Zarkasyi, Abdullah Syukri. Bekal Untuk Pemimpin, Pengalaman Memimpin Gontor. Ponorogo: Trimurti Press, 2011.

Zarkasyi, Abdullah Syukri. Manajemen Pesantren pengalaman Pondok Modern Gontor. Ponorogo: Trimurti Press, 2005.

Zarkasyi, Hamid Fahmi. Modern Pondok Pesantren: Maintaining Tradition in Modern System. dalam Jurnal Tsaqofah, Vol. II, No.2, November 2015.

Zarkasyi, Imam. Pekan Perkenalan Khutbatul Arsy’ Pondok Modern Darussalam Gontor. Gontor: Darussalam Press, t.thn.

Downloads

Published

2020-09-29

Issue

Section

Articles