Konsep Ajaran Tasawuf: Studi Perbandingan Pemikiran Al-Ghazali dan Rabi’ah Adawiyah

Authors

  • Ida Faridatul Hasanah Ida Faridatul Hasanah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Fitriyah Fitriyah STAI Darussalam Lampung

DOI:

https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v11i2.39

Keywords:

Mahabbah, Rabi’ah Adawiyah, Ma’rifah, Al-Ghazali

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk menelaah pemikiran Rabi’ah Adawiyah dalam konsep tasawuf mahabbah dan Al-Ghazali dengan konsep ma’rifah-nya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pustaka (library research) dengan metode pengumpulan data dan teknik dokumentasi. Sifat penelitian ini deskriptif-komparatif menguraikan pemikiran Al-Ghazali dan pemikiran Rabi’ah Al-Adawiyah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada hakikatnya ajaran tasawuf Al-Ghazali dan Rabi’ah adawiyah ialah sama, yakni bermuara menuju al-Haq (Allah swt).  Meskipun demikian terdapat beberapa perbedaan pemikiran pada kedua tokoh ini, yakni ajaran Rabi’ah Adawiyah ialah teori  mahabbah, menurutnya puncak dari ajaran tasawuf dituangkan melalui syair-syair serta kalimat-kalimat puitis yang merupakan bentuk cinta murni kepada Tuhan. Sedangkan ajaran tasawuf menurut Imam Al-Ghazali yakni teori Ma’rifat; mengetahui rahasia Sang Pencipta dan mengetahui peraturan-peraturan Allah tentang segala yang ada. Alat untuk memperoleh ma’rifat bersandar pada sirr, qalb dan roh.

References

Affan, Mohammad, ‘Semangat Feminisme Dalam Pengalaman Spiritual Rabi’ah Al-Adawiyah’, Musawa, 6.2 (2008), 241

Al-Ghazali, Minhaj-u Al-’Abidin (Surabaya: Darul Ilmi)

Gani, A., ‘Pendekatan Sufistik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, AKADEMIKA, 23.2 (2018), 387–412 <https://doi.org/10.32478/piwulang.v2i1.299>

Ghazali, M. Bahri, Konsep Ilmu Menurut Al-Ghazali (Yogyakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1991)

Halimah, Siti, ‘Pendidikan Karakter Menurut Al-Ghazali (Analisis Kitab Ayyuhaa Al-Walad Karya Al-Ghazali)’, Jurnal Al-Makrifat, 3.1 (2018), 112–29

Hamim, Nur, ‘Pendidikan Akhlak: Komparasi Konsep Pendidikan Ibnu Miskawaih Dan Al-Ghazali’, Ulumuna, 18.1 (2014), 21–40 <https://ulumuna.or.id/index.php/ujis/article/view/254> [accessed 30 September 2019]

Munir, Amin Samsul, Ilmu Tasawuf (Jakarta: Amzah, 2012)

Murni, ‘KONSEP MA ’ RIFATULLAH MENURUT AL-GHAZALI ( Suatu Kajian Tentang Implementasi Nilai-Nilai Akhlak Al- Karimah ) Murni Mahasiswi S3 Program Pascasarjana UIN Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh Email : Murni166@yahoo.Co.Id Pendidikan Yang Ideal Adalah Pendidikan’, International Journal of Islamic Studies, 2.1 (2014), 123–46

Mustamin, Kamaruddin, ‘Konsep Mahabbah Rabi’ah Al-Adawiyah’, FARABI: Jurnal Pemikiran Konstruktif Bidang Filsafat Dan Dakwah, 17.1 (2020), 66–75

Mutrofin, ‘( Menggali Makna Makrifat Al-Ghazali )’, Empirisma, 27.1 (2018), 33–42

Ns, Edi Yusuf, ‘Akhlak-Tasawuf Sufi Wanita : Belajar Dari Rabi ’ Ah Al-Adawiyah’, AN NUR, VI.2 (2014), 355–69

Ridjaluddin, Kehidupan Sufistik Versi Al-Ghazali (Banten: LPSI Jakarta, 2008)

Ris’an, Rusli, Tasawuf Dan Tarekat (Jakarta: Rajawali Pers, 2013)

Rosihon, Anwar, Akhlak Tasawuf (Bandung: Pustaka Setia, 2010)

Syafril, M, ‘Pemikiran Sufistik Mengenal Biografi Intelektual Imam Al-Ghazali’, Syahadah, V.2 (2017), 1–26

Wasalmi, ‘Mahabbah Dalam Tasawuf Rabi’ah Al-Adawiyah’, Sulasena, 9 (2014), 81–85

Zaini, Ahmad, ‘Pemikiran Tasawuf Imam Al-Ghazali’, Esoterik, 2.1 (2016), 146–59 <https://doi.org/10.21043/esoterik.v2i1.1902>

Downloads

Published

2020-09-29

Issue

Section

Articles