Pengaruh Bina Diri untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Tunagrahita SDLBN Sumbang III Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v9i2.4Keywords:
Bina Diri, Kemandirian,, Anak TunagrahitaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran pengaruh bina diri untuk meningkatkan kemandirian anak tuna grahita di SDLB Negeri Sumbang III Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan tahap persiapan, pelaksanaan dan refleksi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI tuna grahita SDLB di SLB Negeri Sumbang III Bojonegoro yang berjumlah 5 anak, 5 anak tersebut dijadikan sebagai kelompok eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Guttman. Skala ini digunakan untuk jawaban yang bersifat jelas (tegas dan konsisten). Dalam skala Guttman hanya ada dua variabel yaitu “Ya” atau “Tidak”. Jawaban dapat dibuat skor tertinggi satu dan terendah nol. Skala kemandirian ini berjumlah 60 item yang terdiri dari 30 item favorable dan 30 item unfavorable Uji Mann Whitney U^a Dari nilai Uji Mann Whitney U^a dapat kita lihat pada output “Test Statistics ” dimana nilai U = 0,000 dan nilai uji Z yaitu -2,619 dan nilai sig.(2-tailed) adalah 0,009,yang berarti bahwa nilai signifikan untuk data kemandirian adalah 0,009 < dari 0,05 sehingga H1dapat diterima, maka dalam hal ini dapat diartikan bahwa ada pengaruh bina diri untuk meningkatkan kemandirian pada anak tuna grahita
References
Amin, M. 2005. Ortopedagogik Anak Tuna Grahita. Bandung: Depdikbud.
Basuni. Muh. 2012. Pembelajaran Bina Diri Pada Anak Tuna Grahita Ringan.(Online). (journal.uny.ac.id). diakses pada tanggal 17 april 2017.
Delphie , B. 2006. Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Setting Pendidikan Inklusi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Depdikbud. 1994/1995. Pedoman Penyelenggaraan SDLB. Jakarta : Proyek Pembinaan SLB/SDLB.
Depdikbud. 1998. Merawat Diri Sendiri. Jakarta: Depdikbud.
Desmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Dewa Ketut, S. 1997. Bimbingan Dan Penyuluhan Di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.
Djisman, S. Dkk. 1997. Pola Hidup Mandiri. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Effendi, M. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hadi, S. 1998. Pengantar Kearah Rehabilitasi Sosial Penyandang Cacat Mental. Sragen: PRPCM Raharjo.
Haryati, T. 2007. Perlindungan Anak. Jakarta: PTIK
Isbani, S Dan Karsidi, R. 1997. Rehabilitasi ALB. Surakarta: FKIP UNS
Kemis dan Rosnawati, A. 2013. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Grahita. Bandung : PT. LUXIMA METRO MEDIA.
Kenny, J dan Kenny, M. 1998. Dari Bayi Sampai Dewasa. Jakarta: Gunung Mulia.
Kustawan, D. 2013. Bimbingan dan Konseling bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT. LUXIMA METRO MEDIA.
Mangunsong, f. 2014. Psikologi Dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jilid kesatu. Depok : Kampus Baru UI.
Mumpuniarti. 2007. Pendekatan Pembelajaran Bagi Anak Hambatan Mental. Yogyakarta: Kanwa Publisher.
Munzayanah. 1997. Anak Tuna Grahita. Surakarta: FKIP UNS.
Nofitasari, F. 2015. Hubungan antara pola asuh yang memiliki anak berkebutuhan khusus dengan kemandirian pada anak di SDLB Harapan Mandiri.(Online). (Digilib.binadarma.ac.id). diakses pada tanggal 18 april 2017.
Prayitno, D. 2014. Spss 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Sugiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suhamijaya, S. 1998. Membina sikap mental wiraswasta. Jakarta : Rineka Cipta.
Suharmini, T. 1999. Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta : Kanwa Press.
Suryabrata. 2014. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Srihandayani. 2009. Meningkatkan Kemandirian Melalui Pembelajaran Bina diri. (Online), (http;//digilib.uns.ac.id). diakses pada tanggal 18 april 2017.
Somantri, T, S. 2005. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: PT. Refika Aditama.
Somantri. 2006. Psikologi Anak luar biasa. Bandung: PT. Refika Aditama Wahyu, R. 2015. Pola asuh dalam membentuk kemandirian siswa tuna grahita. (Online). (digilib.uin.suka.ac.id). diakses pada tanggal 18 april 2017.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional (SISDIKNAS). Bandung: Citra Umbara.
Usman, H, dkk 2012. Pengantar Statistik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Yusak, S. 2003. Instrudukksi Pada Anak Berkelainan. Bandung: Sinar Baru.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Indah Fajrotuz Zahro
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.