Dinamika Sosial Dalam Proses Pengambilan Keputusan dalam Manajemen Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i2.421Keywords:
Dinamika Sosial, Pengambilan Keputusan, Manajemen Pendidikan IslamAbstract
Penelitian ini mempunya tujuan untuk mengetahui aspek penting dalam analisis dinamika sosial dalam pengambilan keputusan di lembaga pendidikan islam. Bagaimana proses pengambilan keputusan yang tepat, efektif, dan sesuai dengan nilai-nilai agama islam. Menegetahui faktor sosial yang mempengaruhi keputusan, dan bagaimana dampak dinamika sosial terhadap kualitas keputusan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan. Data diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, buku, makalah seminar, dan publikasi lain yang terkait baik offline maupun online. Analisis data ini terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan aspek penting analisis dinamika sosial pengambilan keputusan antaralain kepentingan beragam, interaksi kelompok, kultur dan norma, kepemimpinan, resistensi dan konflik, partisipasi dan inklusivitas, keterbukaan komunikasi, konsensus dan persetujuan,pengaruh eksternal dan pengembangan kapasitas. Proses pengambilan keputusan yang tepat, efektif, dan sesuai dengan nilai-nilai agama islam ini mencakup seperti identifikasi masalah, pengumpulan data dan informasi, analisis dan evaluasi, konsultasi dan musyawarah, penentuan tujuan dan kriteria keputusan, pemilihan opsi keputusan, implementasi, monitoring dan evaluasi, penyesuaian dan perbaikan, dan keterbukaan dan transparansi. Faktor sosial yang mempengaruhi keputusan diantaranya kebutuhan dan permintaan masyarakat, nilai-nilai dan ajaran agama, budaya lokal, pengaruh keluarga dan orang tua, peran pemimpin dan pengelola, tuntutan global, situasi ekonomi, pengaruh media dan teknologi, kepentingan politik, dan kepedulian sosial. Dampak dinamika sosial terhadap kualitas keputusan antara lain kualitas keputusan yang beragam, legitimasi dan penerimaan, pengambilan keputusan yang lebih komprehensif, dampak positif pada implementasi, penyelesaian konflik, adaptasi terhadap perubahan, pengelolaan sumber daya yang efisien, dan penciptaan iklim belajar yang positif
References
Abduh, hasbi. “pengambilan keputusan di lembaga pendidikan.” Hikmah: jurnal pendidikan islam 4, no. 1 (2016): 26-50.
Aditya, i gede, iyus akhmad haris, dan luh indrayani. “pengaruh partisipasi orang tua dalam mendidik di lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa.” Jurnal pendidikan ekonomi undiksha, 3, no. 1 (2013).
Ainiyah, nur. “pembentukan karakter melalui pendidikan agama islam.” Al-ulum 13, no. 1 (2013): 25–38.
Ali mustopa. “manajemen perubahan lembaga pendidikan islam (studi kasus di pesantren fathul ‘ulum kwagean kediri).” Southeast asian journal of islamic education management 1, no. 1 (6 januari 2020): 24–40. Https://doi.org/10.21154/sajiem.v1i1.3.
Ambarwati, dewi, udik budi wibowo, hana arsyiadanti, dan sri susanti. “studi literatur: peran inovasi pendidikan pada pembelajaran berbasis teknologi digital.” Jurnal inovasi teknologi pendidikan 8, no. 2 (2021).
Aslamiyah, nurul, aris supriyanto, nasrudin harahap, dan nurul hidayati murtafiah. “kebijakan pengambilan keputusan pimpinan dilingkungan pondok pesantren untuk meningkatkan kualitas manajerial pendidikan formal.” Attractive: innovative education journal, 4, no. 3 (2022): 154-165.
Azizah, biqrotul, dan imam syafi’i. “prosedur pengambilan keputusan di lembaga pendidikan tinggi di era revolusi industri 4.0.” Jurnal manajemen dan inovasi (manova) 3, no. 2 (20 agustus 2020): 32–42. Https://doi.org/10.15642/manova.v3i2.276.
Azkiyati, nurul. “hubungan konflik peran ganda dan manajemen waktu dengan stres kerja pada wanita menikah yang berprofesi sebagai guru.” Psikoborneo: jurnal ilmiah psikologi. Universitas mulawarman, 2018. Https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i1.4521.
Cahyana, ade. “upaya peningkatan mutu sekolah melalui otonomi satuan pendidikan.” Jurnal pendidikan dan kebudayaan 16, no. 2 (2010): 109-117.
Dacholfany,. “peranan pengambilan keputusan dalam rangka menciptakan inovasi di bidang pendidikan.” Jurnal dewantara, 1(01), (2016): 16-28.
Dewi, ni made rai christina kusuma, dan i. Gusti ayu dewi adnyani. “peran mediasi stres kerja pada pengaruh konflik pekerjaan- keluarga terhadap kepuasan kerja karyawan.” E-jurnal manajemen universitas udayana. Universitas udayana, 2020. Https://doi.org/10.24843/ejmunud.2020.v09.i07.p03.
Ekawati, fitriyah. “manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu pendidikan di smpit.” Jurnal isema : islamic educational management 3, no. 2 (24 juni 2019): 1–22. Https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5006.
Farida, napu, dan supiah. “proses pengambilan keputusan strategik dalam penyusunan anggaran di iain sultan amai gorontalo.” Al-minhaj: jurnal pendidikan islam 2, no. 1 (2019): 57–72. Https://doi.org/10.1123/kr.2016-0019.
Fauzan ahmad siregar dan lailatul usriyah. “peranan komunikasi organisasi dalam manajemen konflik.” Idarah (jurnal pendidikan dan kependidikan) 5, no. 2 (31 desember 2021): 163–74. Https://doi.org/10.47766/idarah.v5i2.147.
Febriyanti, anisa. “scanning lingkungan eksternal dan internal lembaga pendidikan islam.” Jurnal kependidikan 3, no. 2 (17 februari 2017): 1–13. Https://doi.org/10.24090/jk.v3i2.896.
Fuadah, luluk, dan nur kolis. “gaya pengambilan keputusan dalam lembaga pendidikan islam: studi atas perilaku pengelola lembaga pendidikan islam.” Excelencia: journal of islamic education & management 3, no. 01 (9 mei 2023): 37–50. Https://doi.org/10.21154/excelencia.v3i01.1480.
Gulo, adventy riang bevy, dan erwin silitonga. “gaya manajemen konflik compromising dan dominating dalam mengurangi stres kerja perawat pelaksana.” Holistik jurnal kesehatan. Universitas malahayati bandar lampung, 2020. Https://doi.org/10.33024/hjk.v13i4.1841.
Habibi, julius, dan jefri. “analisis faktor risiko stres kerja pada pekerja di unit produksi pt. Borneo melintang buana export.” Journal of nursing and public health. Unived press, 2018. Https://doi.org/10.37676/jnph.v6i2.658.
Hajiannor. “ijtihad dan peranannya dalam pendidikan islam.” Ta’lim: jurnal ilmiah pendidikan islam 6, no. 2 (2015).
Haris, muhammad. “manajemen lembaga pendidikan islam dalam mengahadipi revolusi industri 4.0.” Mudir: jurnal manajemen pendidikan, 1, no. 1 (2019): 33-41.
Hayati, irpini, nurul khofifah, dan alfauzan amin. “efektivitas tahapan proses pengambilan keputusan dalam program inovasi pembelajaran kurikulum merdeka belajar di sma n 10 kota bengkulu.” Journal on education 05, no. 10 (2023).
Ikhwan, a. “sistem kepemimpinan islami: instrumen inti pengambil keputusan pada lembaga pendidikan islam.” Istawa: jurnal pendidikan islam, 3(2), . (2019): 111–54.
Inah, ety nur. “peranan komunikasi dalam pendidikan.” A’dib: jurnal kajian ilmu kependidikan, 6, no. 1 (2013): 176-188.
Ismunandar, arif. “dinamika sosial dan pengaruhnya terhadap transformasi sosial masyarakat.” Tarbawiyah: jurnal ilmiah pendidikan 03, no. 2 (2019).
———. “dinamika sosial dan pengaruhnya terhadap transformasi sosial masyarakat.” Tarbawiyah: jurnal ilmiah pendidikan, 03, no. 2 (2020): 205-219.
Khafidz fuad raya, moch. “resolusi konflik dalam institusi pendidikan islam (kajian empirik dan potensi riset resolusi konflik).” Jurnal pendidikan islam indonesia 1, no. 1 (2 oktober 2016): 71–85. Https://doi.org/10.35316/jpii.v1i1.38.
Khairi, azizatul. “dinamika pengembangan kurikulum ditinjau dari dimensi manusia dan kearifan lokal.” Ad-man-pend: jurnal administrasi manajemen pendidikan 3, no. 2 (2021): 1-11.
Khaulah, siti, lusi tetrasari, aan komariah, dan nur aedi. “seni pengambilan keputusan yang efektif di lembaga pendidikan.” Jurnal pendidikan dan konseling 4, no. 6 (2022).
Khusnan, ahmad. “pola pikir, sikap dan perilaku toleran peserta didik.” Fikroh: jurnal pemikiran dan pendidikan islam 8, no. 1 (2014): 39-53.
Maimunah, maimunah, dan kemas imron rosadi. “faktor yang mempengaruhi sistem manajemen lembaga pendidikan islam dalam kebijakan politik pendidikan islam di indonesia.” Jurnal manajemen pendidikan dan ilmu sosial 2, no. 1 (9 maret 2021): 249–65. Https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.446.
Miles m. B. A., huberman m., saldaña j. “qualitative data analysis: a methods sourcebook.,” third edition. California: sage publications, inc., 2014.
Munthe, ashiong p. “pentingya evaluasi program di institusi pendidikan: sebuah pengantar, pengertian, tujuan dan manfaat.” Scholaria : jurnal pendidikan dan kebudayaan 5, no. 2 (8 desember 2015): 1. Https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14.
Najamudin, mulyono. “sistem informasi manajemen terhadap pengambilan keputusan di lembaga pendidikan islam.” Tadarus 5, no. 1 (2016): 104-122.
Noor, munawar. “pemberdayaan masyarakat.” Civis: jurnal ilmiah ilmu sosial dan pendidikan kewarganegaraan 1, no. 2 (2011).
Nurhadi, h. “evaluasi pembelajaran pendidikan islam,” 56. Yogyakarta: diva press, 2019.
Octavia, lilis suryani, dan siti ina savira. “gaya kepemimpinan kepala sekolah dalam upaya meningkatkan kinerja guru dan tenaga kependidikan.” Jurnal dinamika manajemen pendidikan 1, no. 1 (7 februari 2017): 7. Https://doi.org/10.26740/jdmp.v1n1.p7-14.
Oupen, stefiana meilince, dan i made yudana. “kontribusi kepemimpinan transformasional, budaya organisasi, disiplin kerja, dan motivasi kerja, terhadap komitmen organisasional guru sd.” Jurnal administrasi pendidikan indonesia 11, no. 1 (12 juli 2020): 34–43. Https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3167.
Patanggu, irawan hadi. “pengaruh kemampuan pengambilan keputusan kepala madrasah terhadap kinerja guru madrasah aliyah di kota palu.” Jurnal manajemen pendidikan 1, no. 2 (2021).
“pengaruh gaya kepemipinan, budaya organisasi dan stres kerja terhadap kinerja karyawan (studi kausal di layanan social media telkomcare telkom indonesia jakarta).” Jurnal ilmiah m-progress. Universitas dirgantara marsekal suryadarma, 2019. Https://doi.org/10.35968/m-pu.v9i2.341.
Purwanti, sri. “peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan disiplin kerja guru dan pegawai di sma bakti sejahtera kecamatan kongbeng kabupaten kutai timur.” Ejournal administrasi negara, 1, no. 1 (2013): 210-224.
Rahma, meisa aulia, dan sri budi lestari. “manajemen konflik organisasi untuk menjaga komitmen dalam unit kegiatan selam 387 universitas diponegoro,” t.t.
Rahman, luthfi zihni, dan ali hamdi. “analisis kepemimpinan profetik dalam manajemen berbasis sekolah di mi miftahul ulum anggana,” t.t.
Rini, atik puspita, naufal fikri firmansyah, nugraheni widiastuti, yunitha ike christyowati, dan achmad noor fatirul. “pendekatan terintegrasi dalam pengembangan kurikulum abad 21.” Jurnal ilmiah pendidikan holistik (jiph) 2, no. 2 (30 april 2023): 171–82. Https://doi.org/10.55927/jiph.v2i2.3942.
Rochman, ibnu. “analisis swot dalam lembaga pendidikan (studi kasus di smp islam yogyakarta).” Al-iman: jurnal keislaman dan kemasyarakatan 3, no. 1 (2019).
Sabri, ahmad. “kebijakan dan pengambilan keputusan dalam lembaga pendidikan islam.” Al-ta lim journal, 20, no. 2 (2013): 373-379.
Saihu, saihu. “pendidikan islam di era pluralitas agama dan budaya: sebuah kajian resolusi konflik melalui model pendidikan plrualisme.” Andragogi: jurnal pendidikan islam dan manajemen pendidikan islam 2, no. 2 (10 agustus 2020): 317–30. Https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i2.107.
Sawarjuwono, t., kadir, a. P. “intellectual capital: perlakuan, pengukuran dan pelaporan (sebuah library research).” Jurnal akuntansi dan keuangan, 5(1) (2004): 35–57.
Sholeh, muh ibnu. “manajemen konflik di lembaga pendidikan islam” 10, no. 1 (2023).
———. “relevansi dan tantangan implementasi hukum islam dalam konteks sosial masyarakat modern.” Assalam:jurnal studi hukum islam dan pendidikan 12, no. 1 (2023): 21–57.
Smith, j. D. . “. ‘pemanfaatan teknologi dan inovasi dalam pembelajaran.’” jurnal pendidikan 5, no. 2 (2020): 45-54,.
Syamsunni’am. “islam dan pendidikan multikultur di indonesia (menggagas pendidikan ber-wawasan kebangsaan yang egaliter, humanis, dan inklusif).” Fitrah volume, 2 no. 1 (februari 2010).
Syaparuddin, syaparuddin, dan elihami elihami. “peranan pendidikan nonformal dan sarana pendidikan moral.” Jurnal edukasi nonformal 1, no. 1 (2019): 173-186.
Tami, andana budi, dan sri yuni widowati. “analisis pengaruh kepemimpinan, stres kerja, dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan bagian produksi sewing pt. Samwon busana indonesia semarang.” Solusi. Universitas semarang, 2020. Https://doi.org/10.26623/slsi.v18i4.2850.
Wahyuni, aulia dwi, dwi sapto bagaskoro, nauval ramadhani, ridwan nur, surya ramadhan, dan agustian zen. “faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja, pengambilan keputusan : kepemimpinan, komunikasi dan motivasi (literature review pengambilan keputusan manajerial).” Jurnal ekonomi manajemen sistem informasi 4, no. 6 (2023).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 muh ibnu sholeh sholeh
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.