Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Pembentukan Akhlak Siswa di Mts Ma’arif Karangasem Bali
DOI:
https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i1.43Keywords:
Strategi, Pembentukan Akhlak, SiswaAbstract
Akhlak adalah suatu yang sangat penting. Penelitian ini membahas penerapan strategi pembelajaran guru akidah akhlak dalam pembentukan akhlak siswa di MTs Ma’arif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru akidah akhlak, akhlak siswa, dan faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan akhlak. Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas maka penulis melakukan penelitian dengan kualitatif, Setelah melakukan analisis terhadap data yang diperoleh maka hasilnya menunjukkan adanya peningkatan akhlak siswa di MTs Ma’arif, yang meliputi sifat al-amanah (setia, jujur dan dapat dipercaya), al-wafa (menepati janji), tawadhu’ (rendah hati) dan benar/jujur. Semua itu bisa dicapai melalui penerapan strategi pembelajaran dengan berbagai macam strategi pembelajaran yaitu strategi pembelajaran langsung, inkuiri dan kooperatif. Adapun proses penerapan strategi pembelajaran tersebut yang secara umum dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap permulaan (praintruksional), tahap pengajaran (intruksional) dan tahap penilaian tindak lanjut.Implikasi dalam penelitian ini adalah, berbagai proses penerapan strategi pembelajaran guru akidah akhlak dalam pembentukan akhlak siswa di MTs Ma’arif harus tetap diterapkan, dan ditingkatkan dengan berbagai kreativitas yang mampu menunjang proses pembinaan akhlak mulia bagi peserta didik. Selain itu, upaya maksimal yang telah dilakukan guru akidah akhlak dalam pembentukan akhlak mulia peserta didik juga perlu inovasi dengan semakin menggali potensi-potensi sumber daya pendidikan yang ada guna pembinaan yang berkelanjutan. Dukungan seluruh aspek pendidikan hendaklah sejalan dengan program pembentukan yang dilakukan guru akidah akhlak, turutama keteladanan, pembiasaan dan pengawasan dalam lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah.
References
Ahmadi, A. (1985). Psikologi Sosial, Surabaya: PT. Bina Ilmu.
Anwar, R. (2010). Akhlak Tasawuf. Bandung: CV Pustaka Setia.
Arikunto, S. (1998). Manajemen Penelitian, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.
-----------, (2009). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta.
Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah:
Daradjat, Z. (1977). Membina Nilai-nilai Moral di Indonesia, Jakarta: Bulan Bintang.
Djamarah, S. B. (2000), Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rinela Cipta.
Farchan, A. (2011). Pengantar Metodologi Riset Sosial, Bandung.
----------, ( 2007). Pengantar penelitian dalam pendidikan, Bandung.
Junaidah, (2015). Strategi Pembelajaran Perpekstif Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6, 118-133.
Manan, S. (2017). Pembinaan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Islam: Ta’lim, 15(1), 49-65.
Moleong, L. J. (2002). Metodologi Penelitian kualitatif, Bandung: PT. Rosda Karya.
Mu‟awanah, E. (2004). Bimbingan Konseling, Jakarta: PT. Bina Ilmu.
Muhaimin dkk, (1996). Stategi Belajar Mengajar, Surabaya, CV Citra Media.
Muhajir, N. (1996). Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin.
Mujib, A. et al. (2006). Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Prenada Media.
Munirah, (2017). Akhlak dalm Perpekstif Pendidikan Islam. Auladuna: jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 39-47.
Nasution, S. (1992). Metode Research, Jakarta: Bumi Aksara.
Nata, A. (2015). Akhlak Tasawuf dan Karakter Mulia. Jakarta: Rajawali Pers.
Nurhayati, (2014). Akhlak dan Hubungannya dengan Aqidah dalam Islam. Jurnal Mudarrisuna, 4(2), 289-309.
Sugiono, (1998). Pengantar Penelitian Ilmu Dan Metode Teknik, Bandung : Tarsito.
----------, (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung.
Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan, Bandung: Siswa Rosda Karya.
Umar, B. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.
Usmani, H. (1990). Metodologi Penelitian Sosial, Bandung: Sinar Grafika.
Wadud, A. Dkk. (1997), Qur’an Hadits, Semarang: PT Toha Putra.
Warasto, H. N. (2018). Pembentukan Akhlak Siswa. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni dan Teknologi, 2(1), 65-86.
Yunus, M. (1978). Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran, Jakarta: PT. Hidakarya Agung.
Zuhairini dkk, (1995). Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Zuhairini et.al, (1983). Metodik Khusus Pendidikan Agama, Surabaya:Usaha Nasional.
Nurul indana, (2020) TELA’AH NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK PADA KISAH SAYYIDATI KHADIJAH ISTRI RASULULLAH
Nurul indana, (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM (Tela’ah Novel Kasidah-Kasidah Cinta)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ali Mustofa, Ali Firman
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.