Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v14i2.435Keywords:
Pengembangan, Media Pembelajaran Scrapbook, Hasil Belajar SiswaAbstract
Rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran karena kurangnya pemanfaatan media berakibat pada kurangnya peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini mengembangkan media scrapbook untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran matematika materi bilangan pecahan .Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran matematika materi bilangan pecahan denagn menggunakan media scrapbook di kelas III SD Islam Darussalam Kedungrejo Sumberrejo. Media scrapbook adalah salah satu media pembelajaran jenis 3 dimensi. Media ini berupa handmade yang dibuat dari kertas asturo maupun kertas karton. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas III SD Islam Darussalam Kedungrejo Sumberrejo dengan jumlah 39 siswa 18 laki-laki dan 21 perempuan . Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan model desain Kemmis & Mc. Taggart, Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi. Hasil penelitian pra siklus mendapatkan persentase sejumlah 45,15%. Dan siklus pertama mendapatkan persentase sejumlah 57,35% pada siklus kedua mendapatkan persentase sejumlah 73,25%. Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian pengembangan media scrapbook dalam pembelajaran matematika materi bilangan pecahan dapat meningkatkan hasil belajar kelas III SD Islam Darussalam Kedungrejo Sumberrejo. Media pembelajarannya juga dapat diterima siswa terbukti dengan semangat siswa dan respon siswa.
References
Amir Hamzah Suleiman, Media Audio Visual untuk Pengajaran Penerangan dan Penyuluhan, (Jakarta: Gramedia)
Febian,www.ebay.com › gds › Apa-sih-scrapbook2016/04/pengertian-scrapbook.html (di akses 30 februari 2017)
Hamzah B.Uno dkk, 2012. Menjadi Peneliti PTK Yang Profesional, (Jakarta: PT Bumi Aksara,)
Hamzah B. Uno, Satria Koni, & Nina Lamatenggo,2011. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional, (Jakarta: Bumi Aksara,).
Ngalim Purwanto,2008. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, (Bandung: Remaja Rosdakarya).
Omear Hamalik,2007. Proses Belajar Mengajar, (Jakarta: Bumi Aksara)
Rita Eka Izzaty, Yulia Ayriza, dan Farida Agus Setiawati,2017 Prediktor Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar, Jurnal Psikologi, 2 (44).
Sukadi,2006. Guru Powerful Guru Masa Depan, (Bandung: Kolbu,).
Wina Sanjaya,2009. Perencanaan dan Sisitem Pembelajaran, (Jakarta: Kencana,)
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lukman Khoirin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.