Internalisasi Pemahaman Moderasi Multikultural Dalam Pendidikan Islam Masa New Normal

Authors

  • Uswatun Hasanah Uswatun Hasanah Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Ida Faridatul Hasanah Ida Faridatul Hasanah UIN RADEN INTAN LAMPUNG

DOI:

https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i1.45

Abstract

Abstrak: Pendidikan Islam pada masa new normal membutuhkan penyesuaian secara besar-besaran sesuai dengan kebutuhan masyarakat tanpa menghilangi nilai-nilai pendidikan Islam serta nilai kearifan lokal yang menjadi ciri khas pendidikan Islam di Indonesia. Selain itu, karakteristik dari keramahan serta kemoderatan dari kehidupan sosial bermasyarakat harus tetap diinternalisasikan dalam pendidikan Islam sehingga nilai-nilai toleransi harmonisasi dan pluralisme dapat dioptimalkan. Oleh karena itu, Pendidikan di masa pandemi juga harus tetap diarahkan untuk menciptakan suatu sistem pendidikan Islam yang tetap komprehensif namun fleksibel dan demokratis untuk menghadapi berbagai permasalahan kehidupan bermasyarakat serta didukung dengan kemampuan dan keahlian teknologi sehingga dapat memungkinkan untuk mengoptimalisasikan pengembangan potensi peserta didik secara lebih alami dengan tidak keluar dari ajaran dan syariat Islam. Kemampuan sosial serta sikap penerimaan dengan berbagai perbedaan yang ada di masyarakat perlu menjadi titik tekan dan fokus pembelajaran agar sikap beragama yang toleran dapat dimiliki oleh seluruh peserta didik pada lembaga Islam.

 

References

Ahmad Sabri. Pendidikan Islam Menyongsong Era Industri 4.0. Deepublish, 2020.

Alwi Shihab. Islam Inklusif: Menuju Sikap Tterbuka Dalam Beragama. Bandung: Mizan, 1999.

Amartya Kumar Sen,. “Democracy as a Universal Value.” Journal of Democracy. https://www.journalofdemocracy.org/articles/democracy-as-a-universal-value/.

Azra, Azyumardi. “PENDIDIKAN ISLAM DI ERA GLOBALISASI: PELUANG DAN TANTANGAN.” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan 6, no. 4 (May 15, 2017). https://jurnaledukasikemenag.org/index.php/edukasi/article/view/269.

Choirul Mahfud,. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2006.

D. Husna. Pendidikan Islam Multikultural. In Harmonisasi Pendidikan. Lumajang: Mahameru Press., 2016.

Hilmy, Masdar. “Nomenklatur Baru Pendidikan Islam Di Era Industrialisasi.” TSAQAFAH 8, no. 1 (May 31, 2012): 1–26. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tsaqafah/article/view/14.

Mestika Zed. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Pustaka Obor Indonesia, 2014.

Mujiburrahman. Mengindonesiakan Islam: Representasi Dan Ideologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008.

Purnamasari, Dewi. “Pendidikan Karakter Berbasis Al-Quran.” Islamic Counseling : Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam 1, no. 1 (July 31, 2017): 1–24. http://journal.iaincurup.ac.id/index.php/JBK/article/view/233.

Subarto, Subarto. “Momentum Keluarga Mengembangkan Kemampuan Belajar Peserta Didik Di Tengah Wabah Pandemi Covid-19.” ’ADALAH 4, no. 1 (April 18, 2020). Accessed February 14, 2021. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/adalah/article/view/15383.

Supriyadi, Supriyadi. “Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan Antar Pustakawan.” Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi dan Kearsipan 2, no. 2 (2017): 83.

Suryana, Y., & Rusdiana. Pendidikan Multikultural Suatu Upaya Penguatan Jati Diri. Bandung: Pustaka Setia, 2015.

Syaifuddin, Syaifuddin, Muhammad Fahmi, Hanik Alfiyah, Ilun Mualifah, and M. Havera. “Strategi Pemasaran Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Bali Bina Insani di Daerah Minoritas-Muslim Tabanan Bali.” Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies) 7, no. 2 (December 31, 2019): 107–124. http://jurnalpai.uinsby.ac.id/index.php/jurnalpai/article/view/206.

Syed Ali Ashraf. New Horizons in Muslim Education. Hodder & Stoughton London, 1985.

T.K. Christiani,. “Pendidikan Kristiani Dalam Masyarakat Majemuk, Dalam Etika Sosial Dalam Interaksi Lintas Agama.” In Etika Sosial Dalam Interaksi Lintas Agama. Jenewa: Globethics.net., 2014.

Downloads

Published

2021-03-16

Issue

Section

Articles