Implementasi Model Students Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa

Authors

  • Andina Rambe UIN SUMATERA UTARA MEDAN

DOI:

https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i1.47

Keywords:

Pendidikan Islam, Nilai Multikultural, Masa New Normal

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan  hasil belajar dan aktivitas siswa kelas V SD Negeri 125558 Siantar Sitalasari dalam pembelajaran PKN dengan penerapan model Students Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak 2 siklus terhadap 41 subyek. Data diperoleh dengan cara melakukan kegiatan observasi dan juga tes secara tertulis. Pada penelitian ini terlihat bahwa hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran PKn ini mengalami peningkatan. Pada tes siklus I nilai rata-ratanya 61,15 dan pada saat tes siklus II nilai rata-ratanya menjadi 77. Jika dipersentasekan maka nilai ketercapaian pada siswa kelas V di siklus I 46% dan pada siklus II 70,4%. Meningkatnya hasil belajar pada siswa kelas V pada siklus II disebabkan oleh adanya peningkatan aktivitas belajar saling ketergantungan yang positif 38%, interaksi tatap muka 78%, tanggungjawab individu 32%, keterampilan komunikasi antar kelompok dan individu 50%, dan evaluasi proses perkelompok 32%. Pada siklus II, saling ketergantungan yang positif 60%, interaksi tatap muka 83%, tanggungjawab setiap individu 63%, keterampilan komunikasi antar kelompok dan individu 73%, dan yang terakhir itu evaluasi proses perkelompok 73%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan melakukan implementasi model STAD ini sangat baik untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran PKN di kelas V SDN 125558 Siantar Sitalasari.

Kata Kunci: Model Students Teams Achievement Division (STAD), Hasil Belajar, Aktivitas Belajar

 

Abstract: This research was conducted to improve the learning outcomes and activities of the fifth grade students of SD Negeri 125558 Siantar Sitalasari in PK N learning with the application of the Students Teams Achievement Division (STAD) model. This research is a type of classroom action research (PTK) which was conducted in 2 cycles on 41 subjects . The data were obtained by carrying out observation activities and also written tests. In this study, it can be seen that the learning outcomes of class V students in this Civics subject have increased. There is a test cycle I the average value is 61,15 and at the time of the second cycle test the average score becomes 77. If a percentage, the achievement value in class V students in cycle I is 46% and in cycle II is 70.4%. The increase in learning outcomes in class V students in cycle II was caused by an increase in positive interdependence learning activities 38%, face-to-face interaction 78%, individual responsibility 32%, communication skills between groups and individuals 50%, and group process evaluation 32%. In cycle II, positive interdependence is 60%, face-to-face interaction is 83%, responsibility for each individual is 63%, communication skills between groups and individuals are 73%, and the last is evaluation of the group process 73%. From this research it can be concluded that by implementing the STAD is very good for improving learning outcomes and student activities in PKN learning in class V SDN 125558 Siantar Sitalasari.

Keywords: Students Teams Achievement Division (STAD) Model, Learning Outcomes , Learning Activities

References

Abdul Azis, “Kompetensi Guru dalam penggunaan media Mutu Pembelajaran”, Jurnal Pelopor Pendidikan, Vol. 5. No. 1. (2014). 49-57.

Afandi, M. “Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di MI Muhammadiyah Tanjung Inten “. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Vol. 6 No. 1, (2019).

Dw. A. Mega Cahyani, dkk., “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SD”, e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD, Vol. 5, No. 2, (2017), 1-11.

Eddy Noviana, M. N. Huda. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SD Negeri 79 Pekanbaru”, Primary : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Vol. 7, No.2 (2018), 204-210.

Hanafiah, & Suhana, C. Konsep Strategi Pembelajaran. (Bandung: Rafika Aditama, 2009).

Fakhriyatu Zahro, dkk., “Pengaruh Model Pembelajaran Student Team Achievement Devision (STAD) Dan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”, Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, Vol. 8, No. 2 (2018), 196 – 205

I. P. Lianata, dkk., “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Aktivitas Dan Prestasi Belajar PKN Kelas XI SMA Negeri 1 Bangli”, e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Teknologi Pembelajaran. Vol. 3 (2013)

Lenher, D., & Wurzenberger, J. “Global Education – An Educational Perspective to Cope with Globalization?” Campus-Wide Information System , Vol. 30, No. 5, (2013). 257-368

Muh. Ilyas Ismail, “Kinerja dan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran”, Jurnal Lentera Pendidikan, Vol. 13, No. 1, (2010). 44–63.

Mulyasa. Menjadi Guru Profesional (Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan). (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006).

Nasrallah, R.. “Learning Outcomes’ Rrole in Higher Education Teaching. Education, Business and Society” Contemporary Middle Eastern Issues , Vol. 7, No. 4, (2014). 257-276

Nemeth, J., & Long, J. G. “Assessing Learning Outcomes in U.S. Planning Studio Courses”. Journal of Planning Education and Research , Vol. 32, No. 4. (2012). 476-490.

Ngalimun. Strategi dan Model Pembelajaran. (Yogyakarta: Aswaja Presindo, 2012).

Ni Made Sunilawati, dkk., “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Kemampuan Numerik Siswa Kelas IV SD” e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar, Vol. 3, (2013).

Puspadewi, A. A. I., Putra, I. M., & Suara, I. M. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division pada Mata Pelajaran Pkn Siswa Kelas V SD N 2 Blahbatuh”. E-Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2, No. 1. (2014).

Rachamwati, S. “Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Mata Pelajaran Pkn Materi Pokok Demokrasi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Scramble di SD Negeri Kademangan 1 Bondowoso”. Jurnal Edukasi Unej. Vol.1, No. 1. (2013). 10–14

Singh, A. K., Srivastava, S., & Singh, D. “Student Engagement as The Predictor of Direct and Indirect Learning Outcomes in The Management Education Context”. Metamorphosis. Vol. 14, No. 2, (2015). 20-29.

Sudijono, A. Pengantar Evaluasi Pendidikan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012).

Wina Sanjaya. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. (Jakarta : Kencana Prenada Media Group, 2008).

Downloads

Published

2021-03-20

Issue

Section

Articles