Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya untuk Siswa Kelas IV MI Miftahul Ulum Jegreg Kecamatan Modo Kabupaten Lamongan Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Lukman Khoirin STAI Attanwir Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v9i2.6

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar, Mata Pelajaran IPA

Abstract

Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model kooperatif berbantu media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa MI pada materi gaya melalui model pembelajaran kooperatif berbantuan media gambar. Penelitian ini dilakukan di kelas IV MI Miftahul Ulum Jegreg Kecamatan Modo dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data dengan lembar observasi, tes dan pilihan ganda. Teknik analisis data dengan cara persentase untuk data kuantitatif (hasil belajar). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif berbantuan media gambar meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Pada siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 70% dan pada siklus II mencapai 80%.

References

Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Mawardi & Desty Lusia Sari. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Make A Match Ditinjau dari Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPA Kelas 4 SD Gugus Mawar-Suruh. Scholaria. 5 (5): 82-99.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sadiman, A.S., Rahardjo, R., Haryono, A., dan Harjito. 2007. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Suprijono Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Surabaya: PUSTAKA BELAJAR.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

________. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Wisudawati Widi, Asih, Sulistiyowati Eka. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Surabya: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-07-15

Issue

Section

Articles