Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas VIII SMP Al Falah Pacul Bojonegoro dengan Model Pembelajaran Examples Non Examples
DOI:
https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v12i1.69Keywords:
Menulis, pembelajaran examples non examples, puisiAbstract
Keterampilan menulis memiliki peranan penting bagi siswa. Salah satunya untuk memudahkan siswa berpikir kritis dan memperdalam daya tanggap siswa. Melalui kegiatan menulis, guru dapat mendorong siswa dalam mengasah dan meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Salah satu upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa yaitu dengan menulis puisi. Penulisan suatu karya dapat diasah dengan beberapa model pembelajaran, salah satunya yaitu model examples non examples. Oleh karena itu, dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pembelajaran menulis puisi dengan model examples non examples menggunakan media gambar pada siswa kelas VIII SMP Al Falah Pacul Bojonegoro Tahun Ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan yaitu dengan mengumpulkan data melalui observasi langsung terhadap siswa kelas VIII SMP Al Falah Pacul Bojonegoro Tahun Ajaran 2017/2018 dalam proses pembelajaran menulis puisi dengan model pembelajaran examples non examples. Model pembelajaran tersebut menggunakan media gambar untuk merangsang siswa aktif, imaginatif, dan kreatif dalam kegiatan menulis puisi. Pada proses pengumpulan data digunakan dua siklus yaitu siklus I sebagai data sebelum diberikan model pembelajaran examples non examples dan siklus II sebagai data setelah diterapkan model pembelajaran examples non examples. Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa kualitas hasil pembelajaran menulis puisi dengan model pembelajaran examples non examples dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa. Hasil ini dapat diketahui dari peningkatan minat siswa dalam menulis dan membacakan puisi di depan atau presentasi dalam proses pembelajaran.
References
Emzir, Rohman, S., Wicaksono, A., n.d. Tentang Sastra: Orkestrasi Teori dan Pembelajarannya. Garudhawaca.
Habibati, 2017. Strategi Belajar Mengajar. Syiah Kuala University Press.
Munirah, 2015. Pengembangan Keterampilan Menulis Paragraf. Deepublish.
Nurjamal, Dwi., 2011. Terampil berbahasa. Alfabeta, Bandung.
Permanasari, D., 2017. Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sumber Jaya Lampung Barat. J. PESONA 3. https://doi.org/10.26638/jp.444.2080
Simatupang, H., 2019. Strategi Belajar Mengajar Abad Ke‐21. Pustaka Media Guru.
Siswanto, W., 2008. Pengantar Teori Sastra. Grasindo.
Subandiyah, H., 2017. PEMBELAJARAN LITERASI DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA. Paramasastra 2. https://doi.org/10.26740/parama.v2n1.p%p
Tarigan, 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa, Bandung.
Warsiman, 2016. Membumikan Pembelajaran Sastra yang Humanis. Universitas Brawijaya Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Moh.Muhajir, Mukti Fatimah, Roihatur Rohmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.