Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Materi Volume Kubus dan Balok di Kelas V MI Miftahul Ulum Jegreg

Authors

  • Muhajir STAI Attanwir Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v9i2.7

Keywords:

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Volume Kubus dan Balok, Matematik

Abstract

Dalam proses belajar mengajar matematika dengan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang disampaikan kemungkinan kreativitas siswa dapat berkembang, karena secara tidak langsung belajar matematika dengan media pembelajaran akan menimbulkan keinginan siswa untuk belajar matematika dan juga akan memunculkan ide baru dalam memecahkan masalah matematika. Salah satu pembelajaran yang dapat diterapkan untuk melibatkan siswa secara aktif dan kreatif dalam pembelajaran adalah pembelajaran kooperatif. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams-Achievement Division)  untuk Meningkatkan Kreatifitas Siswa pada Pelajaran Materi Volume Kubus dan Balok di Kelas V MI Miftahul Ulum Jegreg.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan kreativitas siswa pada pelajaran matematika materi volume kubus dan balok di kelas V MI Miftahul  Ulum Jegreg. Ini dibuktikan bahwa adanya peningkatan kreativitas siswa dari siklus I ke siklus II yaitu dari  51,9 % menjadi 80,8 %. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD siswa dapat bersemangat dalam pembelajaran, lebih antusias dan menimbulkan kerjasama antar siswa, serta suasana kelas menjadi lebih kondusif.

References

Depdiknas. 2006. Pengembangan Silabus dan Kurikulum 2006 SD 08 Kepahiang. Mata Pelajaran Sains Kelas IV. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, O. 1993. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Mandar Maju.

Karli, Hilda.2002, Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi.Jakarta: Bina Media Informasi.

M Nur. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pustaka Sains dan Matematika Sekolah UNESA.

Mulyasa, 2008. Menjadi Guru professional. Bandung: Remaja Musdakarya

.2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Suatu PanduanPraktis.

Bandung: Rsemaja Rusda Karya.

Rusmansyah. 2003. Implementasi dalam Pembelajaran Konsep Laju ReaksiDi Kelas II SMU N I Banjarmasin. Jurnal Kependidikan dan Kebudayaan. Vidya Karya. ISSN 0215-9616 Tahun XXII FKIP-Unlam Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Robert E. Slavin, Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik.Terjemahan Narulita Yusron (Bandung: Nusa Media, 2010), 15.

Siti Halimatus Sa’diyah, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Tipe Jigsaw (Zig-Zag) Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial di Kelas I C SMA Hasyim Asy’ari Pucuk Lamongan” (Skripsi--,UNISDA, Lamongan, 2006), 20.

Suderajat, U. 2006. Bagaimana Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Dirjen Pendidikan Nasional.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Jakarta: Prestasi Pustaka.

Downloads

Published

2020-07-15

Issue

Section

Articles