Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam di MTs NU (Nahdlatul Ulama) Mojosari Loceret Nganjuk
DOI:
https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v9i2.8Keywords:
Kepemimpinan Kepala Madrasah, Pengembangan Lembaga Pendidikan IslamAbstract
Kepemimpinan kepala madrasah diartikan sebagai model atau macam-macam kepemimpinan kepala madrasah yang sesuai dengan situasi dalam rangka mempengaruhi, mengarahkan, membimbing kepada bawahan dengan cara memperkuat keyakinan, dukungan, dorongan dan kerjasama dalam rangka mencapai sasaran dan tujuan lembaga pendidikan. Pengembangan suatu lembaga pendidikan bergantung kepada kualitas kepala madrasah sebagai pemimpin pendidikan karena faktor yang sangat penting dalam proses pendidikan adalah lembaga pendidikan yang berkualitas, maka dengan lembaga pendidikan yang berkualitas secara otomatis akan dapat mencetak generasi yang berkualitas pula.
Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian kualitatif diskriptif dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi, angket. Dan analisa datanya adalah diskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kualitas kepemimpinan kepala madrasah di MTs NU Mojosari diantaranya mempunyai tanggung jawab yang kuat seperti mengakui kekurangan dan kesalahan dalam segala aktifitasnya sebagai kepala madrasah, mengikutsertakan seminar dan penataran yang berada di luar sekolah serta mempunyai keberanian dalam mengambil keputusan. Dan usaha-usahanya yaitu dengan mengembangkan kurikulum, SDM, sarana prasarana dan peran serta masyarakat.
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Amir Faisal, Yusuf. 1995. Reorientasi Pendidikan Islam. Jakarta: Gema Insani Press.
Abdullah, Abd. Rahman. Aktualisasi Konsep Dasar Pendidikan Islam Rekonstruksi Pemikiran Dalam Tinjauan Filsafat Pendidikan Islam. Yogya: UII Press.
Barnadib, Imam. 1996. Dasar-Dasar Kepemimpinan.Yogya: Ghalia Indonesia.
Bawani, Iman. 1987. Segi-Segi Pendidikan Islam. Surabaya: Al-Ikhlas.
Dirawat Dkk. 1986. Pengantar Kepemimpinan Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional Cet III.
Daud, Ma’mur. 1993. Terjemah Hadits Shahih Muslim. Jakarta: Widjaya.
Fajar, Malik A.1998. Visi Pembaharuan Islam. Jakarta: LP3NI.
Hadi, Sutrisno. 1994. Metodologi Reseach II. Yogya: Fak. Psikologi UGM.
Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta: Bumi Aksara.
Indrafachrudi, Soekarto. 1994. Pengantar Bagaimana Memimpin Sekolah Yang Baik. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Mas’ud, Abdurrahman dkk. 2001. Paradigma Pendidikan Islam. Yogya: Pustaka Pelajar Offset.
Moleong, Lexy.J. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Mulyasa.E. 2003. Kepala Sekolah Profesional Dalam Konteks Menyukseskan MBS Dan KBK. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
Nawawi, Hadari. 1993. Kepemimpinan Menurut Islam. Yogyakarta: Gajah Mada. University Press.
Surachmad, Winarno. 1977. Dasar-Dasar Dan Teknik Research. Jakarta: Tarsito.
Subroto, Suryo. 1984. Dimensi-Dimensi Administrasi Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: Bina Aksara
Sutisna, Oteng. 1987. Administrasi Pendidikan Dasar Teori Untuk Praktek Profesional. Bandung: Angkasa
Suprayogo, Imam. 2004. Pendidikan Berparadigma Al-Qur’an Cet I. Malang: Aditya Media Bekerja Sama Dengan UIN Malang Press
Wasty, Soemanto dan Hendyat Soetopo. 1984. Kepemimpinan Dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bina aksara.
Ya’qup, Hamzah. 1981. Publistik Islam Teknik Da’wah Leadership. Bandung: CV. Diponegoro
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Eryul Mufidah
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.