Penerapan Permainan Kartu Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Siswa Kelas I MI Islamiyah Kepohbaru Bojonegoro

Authors

  • Nila Dwi Susanti STAI Attanwir Bojonegoro

DOI:

https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v9i2.9

Keywords:

Permainan Kartu Huruf, Kemampuan Membaca

Abstract

Membaca sangat dibutuhkan bagi semua orang sekarang sebagai pintu masuk untuk mempelajari ilmu pengetahuan, Namun kenyataanya masih banyak siswa yang belum bisa membaca terutama pada anak Kelas I SD. Tapi jika anak diberikan pendidikan prasekolah seperti PAUD/TK, setidaknya anak tersebut mempunyai dasar pengenalan huruf atau membaca. Hal ini juga terjadi di MI Islamiyah Kepoh. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di MI Islamiyah Kepoh kelas I menyatakan bahwa ada beberapa  siswa belum bisa membaca. Yakni dari 33 siswa yang sudah bisa mengenal huruf-huruf dan sudah bisa membaca hanya 61% siswa, sisanya yang 39% yang sudah bisa mengenal huruf namun belum bisa membaca. Meskipun sesuai usianya harus sudah bisa membaca. Kondisi tersebut disebabkan  karena minat membaca yang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penerapan permainan kartu huruf  dalam meningkatan kemampuan membaca siswa kelas I MI Islamiyah Kepoh.serta mengetahui factor Pendukung dan penghambat penerapan permainan kartu huruf dalam meningkatan kemampuan membaca siswa kelas I MI Islamiyah Kepoh.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kuantitatif.  Instrument yang digunakan meliputi Tes Membaca Nyaring, Observasi (pengamatan), Wawancara, serta Dokumen. Tempat penelitian adalah di MI Islamiyah Kepoh. Sedangkan Sasaran penelitian ini adalah kelas I.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran dengan menggunakan media kartu huruf mampu meningkatkan kemampuan membaca kelas I MI Islamiyah Kepoh. Peningkatan dapat dilihat mulai Siklus I sebesar 6% dan dari Siklus I ke Siklus II mengalami peningkatan sebesar 30,3%. Anak yang berada pada kriteria Berkembang Sangat Baik sebelum tindakan/pra tindakan sebesar 45,5%, pada Siklus I sebesar 51,5% dan pada Siklus II sebesar 81,8%..

References

Adnan Latif, Mohammad. 2010. Tanya Jawab Metode Penelitian Pembelajaran Bahasa. Malang: UM Press.

Ambarini, Vinca. 2006. Kartu Pintar Huruf. Jakarta: Gramedia Jakarta.

Andriyani, Durri.dkk. 2014. Metode Penelitian. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Anggoro, M. Toha, dkk. 2007. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka.

An Nahlawi, Abdurrahman. 1983. Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Aksara.

Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Reinika Cipta.

Arsyad, Azar, 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Bawani, Imam. 1993. Tradisionalisme dalam Pendidikan Islam. Surabaya: Al-Ikhlas.

Eliyawati, Cucu. 2005. Pemilihan dan Pengembangan Sumber Belajar untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Dirjen Pendidikan dan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Hadjar, Ibnu. 1996. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Grafindo Persada.

H. Ahmad. 2005. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Lembaga Pendidikan Umat.Press.

Hasan, Maimunah. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: DIVA

Mardalis. 1995. Metode Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Montolalu, B.E.F,dkk. 2012. Bermain dan Permainan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Naim, Ngainun. 2009. Rekontruksi Pendidikan Nasional Membangun Paradigma Yang Mencerahkan. Yogyakarta: Teras.

Nazir, Moh. 2006. Prinsip-Prinsip & Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwanto, Ngalim. 2014. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sadiman, Arif. 2008. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada (Rajawali Perss).

Sudrajat, Ajar.dkk. 2008. Din Al-Islam Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi, M. 2009. Evaluasi Pendidikan. Jakarta Timur: Bumi Aksara.

Surastina. 2010. Teknik Membaca. Bandar Lampung: Simple Design.

Syamsuddin, dkk. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa: Bandung.

Wardani, Igak.dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yoni, Acep. 2010. Menyusun Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Familia.

Downloads

Published

2020-07-15

Issue

Section

Articles