PENGARUH LOCAL WISDOM DAN HUMAN SPIRIT MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH BANK SYARIAH INDONESIA (BSI) SURABAYA
Keywords:
kearifan local, human spirit, loyalitas pelanggan, bank syariah.Abstract
Artikel ini ditulis untuk menentukan seberapa besar pengaruh local wisdom dan human spirit terhadap kepuasan pelanggan. Indikator local wisdom yang diteliti dalam artikel ini meliputi bahasa, atribut kedaerahan, adat, dan kegiatan local. Sedangkan untuk human spirit indicator yang diteliti adalah bantuan non material, komunikasi horizontal, kegiatan dan fasilitas ibadah.
Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi berganda. Data diperoleh dengan mendapatkan informasi melalui kuisioner online. Distribusi kuisioner online didistribusikan secara purposive sampling kepada responden yang merupakan nasabah Bank Syariah Indonesia Cabang Surabaya baik ex BRI Syariah, BNI Syariah, maupun Bank Syariah Mandiri. Penelitian dilakukan pada tanggal 12 Juni hingga 15 Juli 2021. Data diolah dengan menggunakan aplikasi statistic SPSS.
Temuan dalam penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan pada variable human spirit terhadap loyalitas pelanggan, sedangkan local wisdom justru pengaruhnya tidak signifikan. Temuan ini menunjukkan local wisdom bukan hal yang saat ini menggugah emosional pelanggan. Hal ini bisa saja disebabkan masifnya asimilasi dan akulturasi budaya, sehingga mengubah mindset pelanggan yang tidak lagi concern pada nilai-nilai local. Bahkan di banyak daerah nilai-nilai globalisasi lebih menarik karena dianggap menaikkan gengsi pelanggan.