STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN AKAD RAHN (GADAI) PADA BMT NU BALEN DALAM MENINGKATKAN PROFITABILITAS
Keywords:
strategi pemasaran, rahn (gadai), BMT NU BalenAbstract
Penelitian yang dimuat dalam jurnal menggunakan metode analisis deskriptif dengan
pendekatan kualitatif, lalu dianalisis dengan materi yang diambil dari beberapa buku, wawancara,
dan dokumentasi yang telah dilakukan. Dari penelitian yang telah didapatkan, disimpulkan bahwa
strategi pemasaran merupakan marketing mix yang sering diterapkan untuk mencapai sebuah
target marketing. BMT NU Balen dalam memasarkan menggunakan berbagai macam akad
didalamnya. Pembiayaan akad Rahn (Gadai) adalah salah satu akad yang sering digunakan, karena
akad Rahn(Gadai) adalah akad yang banyak menguntungkan dengan margin yang telah ditetapkan
pada awal perjanjian akad. BMT NU Balen bukan hanya berorientasi bisnis tetapi juga sosial
dalam memberdayakan kinerja masyarakat. Tujuan untuk mengimplementasikan strategi
pemasaran pada BMT NU Balen dalam pembiayaan akad Rahn(Gadai) adalah untuk
meningkatkan profitabilitas. Stategi dalam pemasaran menjadi patokan kemajuan BMT NU Balen,
sebagaimana akad yang paling dominan dan paling diminati nasabah yaitu Rahn (Gadai),
dibuktikan adanya peningkatan akad rahn (gadai) tertinggi setiap tahunnya, banyaknya calon
nasabah yang membutuhkan modal atau uang, tetapi terkendala dalam kurang atau tidak adanya
uang. Maka dari itu, nasabah meminjam uang di BMT NU Balen dan memberikan barang jaminan
sebagai timbal balik atas pinjaman uang, lalu barang jaminan akan dikembalikan sesuai perjanjian
yang telah disepakati di awal.