Strategi Pemasaran Pembiayaan Produk Griya Mabrur Menurut Ekonomi Islam pada BSI KC Cempaka Mas Jombang

Authors

  • Nasywa Kamila Nur Firdausia Muhammad Nurmadani Universitas Hasyim Asy'ari Tebuireng Jombang
  • Masyudan Dardiri Universitas Hasyim Asy’ari,

Keywords:

Bank Syariah Indonesia, Griya Mabrur Financing, Marketing Strategy

Abstract

Penelitian ini mengkaji terkait strategi pemasaran produk pembiayaan Griya Mabrur dalam persfektif ekonomi Islam pada Bank Syariah Indonesia KC Cempaka Mas Jombang. kegiatan strategi pemasaran merupakan suatu interaksi yang berusaha untuk menciptakan atau mencapai target keberhasilan yang mana sudah menjadi sunnatullah bahwa apapun yang sudah kita rencanakan, berhasil atau tidaknya ketentuannya hanya pada Allah SWT. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui cara dan taktik yang digunakan pada pemasaran Produk Griya dan apakah sudah sesuai dengan aturan-aturan ekonomi Islam yang sudah diatur dalam Al-Qur’an dan Hadist. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Sumber data meliputi Consumer Bussines Relationshiop Manager, Costumer Service dan nasabah Bank Syariah Indonesia KC Cempaka Mas Jombang. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa strategi pemasaran yang digunakan Bank Syariah Indonesia sangat efisien dan sesuai dengan teori Syakir Sula yaitu Produk, Harga, promosi, dan tempat. Bank Syariah Indonesia juga menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga atau intitusi pemerintahan dan menyebar pamflet melalui media digital maupun langsung.

Downloads

Published

2023-12-04

Issue

Section

Articles