Pengaruh Kualitas Produk Tabungan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Menabung Di Bmt Nu Ngasem Cabang Sroyo
Keywords:
Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Kepuasan NasabahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas produk tabungan dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 98 responden dengan menggunakan teknik random sampling yang seluruhnya merupakan nasabah tabungan BMT NU Ngasem Cabang Sroyo. Data hasil dari pengisian kuesioner selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif, analisis deskriptif digunakan untuk mengetahui gambaran karakteristik responden dan variabel penelitian berdasarkan hasil pengisian kuesioner, sedangkan analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, yaitu observasi, kuesioner (angket). Teknis analisis data dibantu dengan Software IBM Statistics 22. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh kesimpulan bahwa kualitas produk tabungan dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hal ini menunjukkan bahwa tingginya kualitas produk dan kualitas pelayanan dapat meningkatkan kepuasan nasabah.