STRATEGI BAURAN PEMASARAN TABUNGAN HAJI DI KSPPS BMT MANDIRI ARTHA SEJAHTERA JAWA TIMUR CABANG SUMBERREJO BOJONEGORO

Authors

  • Sugito Institut Attanwir Bojonegoro
  • Mifta Hulaikah Institut Attanwir Bojonegoro
  • Imam Suyuthi Institut Attanwir Bojonegoro
  • Naela Farikha Syaefullah Institut Attanwir Bojonegoro

Keywords:

Strategi Bauran Pemasaran, Tabungan Haji, BMT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi bauran pemasaran tabungan haji dan kendalanya di BMT Mandiri Artha Sejahtera Sumberrejo. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bauran pemasaran tabungan haji di BMT Mandiri Artha Sejahtera Sumberrejo ada 4p yaitu produk, harga, tempat dan promosi. Hal ini dilakukan BMT untuk memperkenalkan dan menarik minat masyarakat terhadap produk yang ditawarkan, salah satunya produk tabungan haji. Kendalanya, yaitu lokasi BMT yang baru pindah beberapa bulan yang lalu membuat masyarakat belum banyak yang mengetahui lokasi BMT saat ini, persaingan pemasaran produk yang semakin ketat karena banyaknya lembaga keuangan yang berkembang saat ini. Maka, solusi yang dilakukan BMT untuk menghadapi kendala tersebut, yaitu dengan melakukan jemput bola ke anggota yang benar-benar ingin menjadi anggota di BMT, melakukan promosi dengan menggunakan media sosial berupa WhatsApp dan lain-lain.

Downloads

Published

2024-12-29

Issue

Section

Articles