As-Suluk: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam https://ojs.attanwir.ac.id/index.php/jmpi <p>As-Suluk Journal is a research journal and Islamic education management article. This journal is published by the Department of Islamic Education Management, Attanwir Bojonegoro Islamic School. Islamic management and education is a special topic. There is not only part of Islamic Studies but also part of education. Intended to communicate original researchers, issues, and book reviews. The purpose and scope of the Journal is related to Islamic Education Management, Leadership, School Management, Knowledge Management which includes textual investigation and fieldwork with various perspectives on Education, Philosophy, History, Theology, Sociology, Anthropology, Political Science, and others.</p> en-US staiattanwirjurnal@gmail.com (As-Suluk : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) kfaizin6@gmail.com (Khoirul Faizin) Sat, 17 Aug 2024 00:00:00 +0000 OJS 3.2.1.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 KEBIJAKAN PENDIDIKAN KEAGAMAAN ISLAM DI INDONESIA https://ojs.attanwir.ac.id/index.php/jmpi/article/view/618 <p>Pendidikan Keagamaan Islam di Indonesia telah berkembang sejak masa penjajahan <br>Belanda. Pada masa itu, pendidikan Islam dilaksanakan melalui halaqoh antara kyai dan <br>santri. Di Jawa, lembaga pendidikan Islam dikenal dengan sebutan pawiyatan, yang di <br>dalamnya terdapat ki ajar dan cantrik. Semua pelajaran agama bersumber dari kajian kitab <br>kuning. Pada masa kini, Pendidikan Keagamaan Islam telah diakui sebagai bagian dari <br>sistem pendidikan nasional. Namun, di sekolah negeri, pendidikan agama Islam hanya <br>diberikan 2 jam pelajaran setiap minggunya, sehingga pembelajaran tentang etika dan akhlak <br>agama tidak terlalu berpengaruh pada pembentukan karakter religius siswa. Penelitian ini <br>menggunakan pendekatan penelitian pustaka (library research), dengan pengumpulan data <br>melalui studi terhadap buku, literatur, catatan, dan laporan yang berkaitan dengan masalah <br>yang diteliti. Oleh karena itu, penelitian ini terbatas pada pembahasan kebijakan pendidikan <br>Islam di Indonesia.</p> Abdul Haris Anshori, Ikhwan Tamrozi Copyright (c) 2024 Abdul Haris Anshori, Ikhwan Tamrozi https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ojs.attanwir.ac.id/index.php/jmpi/article/view/618 Mon, 13 Jan 2025 00:00:00 +0000 PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NU MAZRA’ATUL ULUM PACIRAN-LAMONGAN https://ojs.attanwir.ac.id/index.php/jmpi/article/view/593 <p><em>Kepala sekolah berperan dan bertanggung jawab memimpin, mengorganisir, memantau, membina juga memperbaiki proses belajar mengajar di kelas. Dari konsep manajerial sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan, maka kepala sekolah dengan tanggung jawab yang diembannya diharapkan mampu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik. Selain kepala sekolah, tenaga pendidik sebagai komponen utama dan pemegang tampuk pendidikan memainkan peranan yang sangat signifikan terhadap keberhasilan pendidikan. Selain standar kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru motivasi kerja memainkan peranan yang cukup signifikan dalam membentuk kinerja seorang guru. Dengan motivasi kerja yang baik bisa membentuk karakteristik psikologis yang bisa memberikan kontribusi pada tingkat kinerja seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) menjelaskan pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah&nbsp; NU Mazra’atul Ulum Paciran-Lamongan, (2) menjelaskan pengaruh motivasi kerja guru terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah &nbsp;NU Mazra’atul Ulum Paciran-Lamongan, (3) menjelaskan pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru pada Madrasah Aliyah&nbsp; NU Mazra’atul Ulum Paciran-Lamongan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket yang terdiri dari variabel kompetensi manajerial kepala sekolah, motivasi kerja, dan kinerja guru. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 30 orang. Sementara untuk uji hipotesis digunakan teknik analisis jalur (path analysis) dengan menggunakan tekhnik analisis regresi linier berganda (multiple regression). Hasil analisis data membuktikan bahwa (1) ada pengaruh kompetensi manajerial terhadap kinerja guru yang dijelaskan dengan hasil nilai signifikansi t- test yang mempunyai besaran 0,015, (2) ada pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja guru yang dijelaskan dengan hasil nilai signifikansi t-test yang mempunyai besaran 0,019, (3) ada pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja guru yang dijelaskan dengan hasil uji F yang mempunyai besaran nilai signifikansi 0,000. Adapun besaran pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolahdan motivasi kerja terhadap kinerja guru sebesar 67,5% dan 32,,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain selain kedua variabel tersebut sebagaimana yang ditunjukkan oleh hasil Uji Anova yang mempunyai besaran R Square sebesar 0,675. Dengan demikian, kompetensi manajerial dan motivasi kerja mempunyai andil yang cukup besar terhadap peningkatan kinerja guru sehingga sudah menjadi keharusan bagi kepala sekolah dan guru untuk selalu memperhatikan dan meningkatkan kompetensi manajerial kepala sekolah dan motivasi kerja guna meningkatkan kinerja guru tanpa melupakakan factor-faktor lain yang juga mempengaruhi kinerja guru.</em></p> faizal marom, Mulyakin, Alfina Roikhatul Jannah, Imam Ahmad Syarifuddin Ibnu Hasyim Copyright (c) 2024 JMPI Institut Attanwir https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ojs.attanwir.ac.id/index.php/jmpi/article/view/593 Tue, 17 Dec 2024 00:00:00 +0000 ENGLISH LEARNING MANAGEMENT IN PARAGRAPH STRUCTURE MASTERY ON STUDENTS' ENGLISH WRITING SKILLS ISNTITUT ATTANWIR BOJONEGORO https://ojs.attanwir.ac.id/index.php/jmpi/article/view/597 <p>In learning English, there are four skills that must be mastered by students, including speaking, listening, reading, and writing. This study aims to determine the management of English learning in improving the ability to master paragraph structures on the English exposition writing skills of Attanwir Institute Bojonegoro students. Data were collected using observation, interview and documentation techniques. The learning methods used were lectures, discussions, questions and answers and assignments. Writing skill learning is integrated with other skills such as speaking and reading as well as supporting skills such as grammar and vocabulary. Lecturers also improve students' vocabulary by assigning students to make mini dictionaries at each meeting, providing motivation and clear teaching about aspects of writing skills such as social functions, text structures and linguistic aspects.</p> Moch. Wahyudi Utomo Copyright (c) 2024 Moch. Wahyudi Utomo https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ojs.attanwir.ac.id/index.php/jmpi/article/view/597 Tue, 17 Dec 2024 00:00:00 +0000 PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN ETIKA PERGAULAN SISWA https://ojs.attanwir.ac.id/index.php/jmpi/article/view/595 <p><em>Penelitian ini berawal dari fenomena yang terjadi dikalangan siswa SMA. Di SMA Al-Furqon Driyorejo Gresik&nbsp; terdapat siswa&nbsp; yang belum memahami perilaku etika pergaulan, seperti memanggil teman dengan nama nama orang tua, siswa&nbsp; mengobrol ketika pelajaran berlangsung, menggunakan bahasa yang kurang baik ketika berbicara. Hal itu dapat memicu permusuhan dan perkelahian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok untuk meningkatkan pemahaman etika pergaulan siswa kelas X di SMA Al-Furqon Driyorejo Gresik. Metode penelitian ini merupakan eksperimen jenis penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian adalah one group pre-test and post-test design. Subyek dalam penelitian adalah 8 siswa kelas X yang memiliki pemahaman etika pergaulan rendah. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistic non parametik analisis uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa rangking negatif 0, rangking positif 8, ties 0 dengan ketentuan Z -2,521, Asymp. Sig (2 tailed) sebesar 0,012 atau lebih kecil dari 0,05. Berdasarkan dalam ketetapan α (taraf&nbsp; kesalahan) sebesar 5% adalah 0,05 maka 0,012 &lt; 0,05. Berdasarkan hasil ini maka Ho ditolak dan Ha diterima, hipotesis penelitiannya ialah ”penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok dapat meningkatkan pemahaman etika pergaulan siswa” diterima, dan kesimpulannya penerapan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi&nbsp; kelompok dapat meningkatkan pemahaman etika pergaulan siswa kelas X di SMA Al-Furqon Driyorejo Gresik.</em></p> Muhammad Faizin Copyright (c) 2024 faiz https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ojs.attanwir.ac.id/index.php/jmpi/article/view/595 Tue, 17 Dec 2024 00:00:00 +0000 MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN https://ojs.attanwir.ac.id/index.php/jmpi/article/view/289 <p>Penelitian ini berangkat dari fakta di lapangan bahwa mutu pendidikan dari tahun ke tahun lambat mengalami peningkatan.Hal ini tidak terjadi begitusaja melainkanada berbagai faktor penyebab menurun mutunya pendidikan. Salah satunya adalah masih lemahnya pengelolaan manajemen satuan pendidkan di daerah. Agar hal tersebuttidak berlanjut terus-menerus, maka diperlukan adanya solusi alternatif untuk memperbaiki model pengelolaan pendidikan dasar sehingga dapat tercipta peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini diharapkan dapat tertatanya sistem pengelolaan manajemen sekolah sesuai dengan sasaran manajemen berbasis madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementatasi MBM pada MTsN 7 Lima Puluh Kota, mengkaji dampak dari implementasi MBM terhadap kinerja guru dan mengkaji kendala-kendala implementasi MBM pada MTsN 7 Lima Puluh Kota. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif untuk menggambarkan implementasi manajemen berbasis madrasah pada MTsN 7 Lima Puluh Kota. Penggunaan pendekatan kualitatif untuk memperoleh informasi dan penafsiran mendalam tentang implementasi manajemen berbasis madrasah pada MTsN 7 Lima Puluh Kota. Sumber data meliputi: Kementerian Agama Kab. Lima Puluh Kota, Pengawas Madrasah, Wakil Kepala, Kaur TU, guru dan Komite madrasah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) implementasi manajemen berbasis madrasah pada MTsN 7 Lima Puluh Kota terealisasi secara efektif dan efisien sesuai tujuan dan sasaran MBM &nbsp;khusus pada aspek pengembangan kurikulum dan pembelajaran, peserta didik, sarana dan prasarana, pembiayaan dan manajemen hubungan madrasah dengan masyarakat, (2) dampak impelementasi manajemen berbasis madrasah terhadap peningkatan kinerja guru dan madrasah melalui tata kelola sarana dan prasana serta pembiayaan madrasah secara transparansi, dan akuntabilitas dan (3) kendala implementasi manajemen berbasis madrasah pada MTsN 7 Lima Puluh Kota adalah terbatasnya sumber pembiayaan madrasah dan sebagian besar masyarakat dan pelaku pendidikan lainnya belum sepenuhnya memahami pentingnya program manajemen berbasis madrasah.</p> Budi, Supratman Copyright (c) 2024 Budi Budi https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ojs.attanwir.ac.id/index.php/jmpi/article/view/289 Sat, 17 Aug 2024 00:00:00 +0000 PERAN ORANG TUA DAN GURU DALAM PRAKTIK PENGAWASAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK https://ojs.attanwir.ac.id/index.php/jmpi/article/view/596 <p>Pendidikan merupakan salah satu komponen penting dalam pembangunan suatu bangsa karena memegang peran yang sangat pentig dalma mencerdaskan kehidupa bangsa. Melalui pendidikan dihasilkan generasi yang terampil dan memiliki karakteristik yang baik serta dapat bersaing dalam era global saat ini. Dalam pembentukan karakteristik siswa peran orang tua serta guru sangat dibutuhkan.orang tua sering kali memiliki peranan pengawasan ketika berada di lingkungan rumah serta guru memiliki peran menjadi pengawas dalam lingkungan sekolah. Hubungan simbiosis antara orang tua dan guru sangat penting untuk mendorong keberhasilan siswa, karena mereka bekerja sama untuk memastikan kesejahteraan fisik, emosional, dan akademik anak. Orang tua diharapkan menyediakan lingkungan rumah yang aman, stabil, dan mengasuh yang sejalan dengan norma dan nilai masyarakat. Selain itu, mereka ditugaskan untuk mendukung pembelajaran dan upaya akademis anak-anak mereka. Kolaborasi antara sekolah dan orang tua dalam bentuk pengawasan, persiapan fisik dan psikis siswa, serta budaya sekolah yang kuat dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap prestasi siswa.</p> Nurul Utami Copyright (c) 2024 Nurul Utami https://creativecommons.org/licenses/by/4.0 https://ojs.attanwir.ac.id/index.php/jmpi/article/view/596 Tue, 17 Dec 2024 00:00:00 +0000