Peranan Bimbingan Konseling Islam dalam Mengaktifkan Kecerdasan Spiritual Santri Pondok Pesantren Darul Khair Babakan Lebaksiu Tegal

Authors

  • Roikhatul Jannah Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal

DOI:

https://doi.org/10.53915/jbki.v2i1.162

Keywords:

bimbingan konseling islam, kecerdasan spiritual

Abstract

Setiap lembaga pendidikan Islam, sangat membutuhkan bimbingan konseling Islam untuk membantu dalam memecahkan masalah dan meningkatkan spiritualitas peserta didik dalam gerak langkahnya. Begitu juga di pondok pesantren. Kompleknya masalah yang dihadapi santri dewasa ini ternyata tidak hanya cukup hanya ditangani melalui proses belajar mengajar saja melainkan menuntut adanya layanan khusus yang tidak dapat dilakukan melalui jalan pengajaran yakni layanan bimbingan dan konseling khususnya bimbingan
konseling Islam. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan Bimbingan Konseling Islam dalam mengaktifkan kecerdasan spiritual santri dan untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah pelaksanaan Bimbingan Konseling Islam dalam mengaktifkan kecerdasan spiritual santri Pondok Pesantren Darul Khair Babakan Lebaksiu Tegal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Proses analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Hiberman dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan ada peranan bimbingan konseling Islam dalam mengaktifkan kecerdasan spiritual santri Pondok Pesantren Darul Khair Babakan. Strategi yang diterapkan antara lain dengan menganggap seorang santri/klien adalah orang terdekatnya, membimbing dengan keikhlasan, ketulusan, dan penuh kasih sayang, tidak
memberi kekerasan tetapi dengan pengertian, sehingga dengan adanya bimbingan konseling Islam di Pondok tersebut, santri lebih bersikap sopan, santun, dan memiliki akhlak mulia.

References

Abdul Basid, Konseling Islam, Depok: Kencana, 2017.

Abidin Ibnu Rusn, Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan, Yogyakarta: pustaka pelajar, 2009.

Langgulung, Hasan, Pendidikan Islam Menghadapi Abad 21, (Jakarta: Purtaka AlHusna, 1998.

Moleong, Lexi J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. 2002

Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.

Nasrudin, Mohammad, Peran Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kendala Santri di Madrasah Aliyah (MA) Pondok Pesantren Tapak Sunan, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2020.

Sugiyo dan Sugiarto, Administrasi dan Organisasi Bimbingan Konseling Sekolah, Semarang: IKIP Semarang press, 1994.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.

Tohrin, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Downloads

Published

2022-01-26

How to Cite

Jannah, R. (2022). Peranan Bimbingan Konseling Islam dalam Mengaktifkan Kecerdasan Spiritual Santri Pondok Pesantren Darul Khair Babakan Lebaksiu Tegal. Al-Ihath: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.53915/jbki.v2i1.162

Issue

Section

Articles