Peranan Bimbingan Konseling Islam dalam Mengaktifkan Kecerdasan Spiritual Santri Pondok Pesantren Darul Khair Babakan Lebaksiu Tegal
DOI:
https://doi.org/10.53915/jbki.v2i1.162Keywords:
bimbingan konseling islam, kecerdasan spiritualAbstract
Setiap lembaga pendidikan Islam, sangat membutuhkan bimbingan konseling Islam untuk membantu dalam memecahkan masalah dan meningkatkan spiritualitas peserta didik dalam gerak langkahnya. Begitu juga di pondok pesantren. Kompleknya masalah yang dihadapi santri dewasa ini ternyata tidak hanya cukup hanya ditangani melalui proses belajar mengajar saja melainkan menuntut adanya layanan khusus yang tidak dapat dilakukan melalui jalan pengajaran yakni layanan bimbingan dan konseling khususnya bimbingan
konseling Islam. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan Bimbingan Konseling Islam dalam mengaktifkan kecerdasan spiritual santri dan untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah pelaksanaan Bimbingan Konseling Islam dalam mengaktifkan kecerdasan spiritual santri Pondok Pesantren Darul Khair Babakan Lebaksiu Tegal. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Proses analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Hiberman dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan ada peranan bimbingan konseling Islam dalam mengaktifkan kecerdasan spiritual santri Pondok Pesantren Darul Khair Babakan. Strategi yang diterapkan antara lain dengan menganggap seorang santri/klien adalah orang terdekatnya, membimbing dengan keikhlasan, ketulusan, dan penuh kasih sayang, tidak
memberi kekerasan tetapi dengan pengertian, sehingga dengan adanya bimbingan konseling Islam di Pondok tersebut, santri lebih bersikap sopan, santun, dan memiliki akhlak mulia.
References
Abdul Basid, Konseling Islam, Depok: Kencana, 2017.
Abidin Ibnu Rusn, Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan, Yogyakarta: pustaka pelajar, 2009.
Langgulung, Hasan, Pendidikan Islam Menghadapi Abad 21, (Jakarta: Purtaka AlHusna, 1998.
Moleong, Lexi J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. 2002
Nana Syaodih Sukmadinata, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003.
Nasrudin, Mohammad, Peran Bimbingan dan Konseling dalam Mengatasi Kendala Santri di Madrasah Aliyah (MA) Pondok Pesantren Tapak Sunan, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2020.
Sugiyo dan Sugiarto, Administrasi dan Organisasi Bimbingan Konseling Sekolah, Semarang: IKIP Semarang press, 1994.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.
Tohrin, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada, 2007.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Authors who publish with Al-Ihath: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam agree to the following terms:
1) Authors retain copyright and grant Medical Journal of Indonesia right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial License that allows others to remix, adapt, build upon the work non-commercially with an acknowledgment of the work’s authorship and initial publication in Al-Ihath: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam.
2) Authors are permitted to copy and redistribute the journal's published version of the work non-commercially (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in Al-Ihath: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam.