PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA SISWA MATERI MANFAAT GAYA OTOT KELAS IV MI ISLAMIYAH PEJAMBON
Keywords:
hasil belajar IPA, model pembelajaran berbasis masalah, penelitian tindakan kelasAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkarakterisasi peningkatan pemahaman siswa tentang manfaat materi kekuatan otot melalui model pembelajaran berbasis masalah. Model penelitian yang diadopsi adalah model Kemmis dan Taggart, yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini meliputi dua siklus. Pengumpulan data diperoleh melalui tes, observasi dan pencatatan. Subjek penelitian berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan kelas IV MI Islamiyah Pejambon di Kecamatan Sumberejo Kabupaten Bojonegoro. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan kualitatif dan termasuk dalam kategori penelitian tindakan kelas (action research).
Penelitian berfokus pada penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman pembelajaran saintifik pada materi manfaat gaya otot. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas IV MI Islamiyah Pejambon Kecamatan Sumberejo Kabupaten Boyonegoro mengalami peningkatan pemahaman terhadap pembelajaran IPA (tema). Pada putaran pertama dari 21 siswa, hanya 8 siswa yang mencapai nilai di atas rata-rata. Dengan demikian, 54,16% siswa yang lulus tergolong masih kurang. Pada siklus II tingkat keberhasilannya mencapai 83,33%, sehingga siklus ini dinilai telah membuahkan hasil, selain peningkatan siswa. Oleh karena itu pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Islamiyah Pejambon Kecamatan Sumberejo Kabupaten Bojonegoro.
Kata Kunci : hasil belajar IPA, model pembelajaran berbasis masalah, penelitian tindakan kelas