PENINGKATAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI METODE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS 5 MI PEJAMBON
Keywords:
Penerapan, Keaktifan, metode JigsawAbstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya keaktifan siswa kelas V MI Pejambon terhadap pelajaran Ipa. Berdasarkan hasil pengamatan yang peneliti lakukan pada pembelajaran sebelum diadakan penelitian guru hanya menggunakan model pembelajaran ceramah dan tanya jawab, guru tidak menggunakan metode dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keaktifan serta hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ipa kelas V di MI Islamiyah Pejambon dengan menggunakan metode jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan selama dua siklus, adapun kegiatannya yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes. Analisis data menggunakan teknik deskriptif.
Hasil pengamatan menyimpulkan bahwa melalui metode jigsaw dapat meningkatkan keaktifan serta hasil belajar siswa. Pada siklus I ketuntasan keaktifan siswa rata- rata sebesar 45,00% dan pada siklus II kentuntasan belajar dengan nilai rata- rata sebesar 80,00%.
Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode jigsaw dapat meningkatkan keaktifan siswa pada pelajaran Ipa kelas V Mi Pejambon.